Find Us On Social Media :

Teknologi Ini Bikin Pegangan Bus Bebas Kuman

By Axel Natanael Nahusuly, Kamis, 20 Maret 2014 | 15:00 WIB

Teknologi Ini Bikin Pegangan Bus Bebas Kuman

Intisari-Online.com – Bagi pengguna transportasi umum seperti kereta dan bus Transjakarta, pasti pernah melihat alat pegangan di trasportasi umum yang menggantung. Pernahkah Anda berpikir, berapa banyak kuman di transportasi umum tersebut?

Berbagai tangan yang habis memegang uang atau menutup mulut saat batuk, lalu berpegangan di alat itu. Berbagai kuman tentu bisa berpindah ke tangan orang berikutnya menggunakan pegangan tersebut.

Namun, sebuah tim yang terdiri dari beberapa desainer telah membuat innovasi alat pegangan yang bisa tetap bersih walau sudah dipegang oleh banyak orang. Alat tersebut dinamakan Cyclean, yaitu sebuah alat pegangan yang digantungkan pada transportasi umum. Cyclean terbuat dari tali pegangan yang dapat berputar keluar-masuk sebuah kotak kecil yang berisi spons kasar, mengandung disinfektan atau obat pembersih. Jadi untuk membersihkan tali pegangan, cukup menarik tali agar berputar. Tali akan tergesek dengan spons pembersih dan kuman pun hilang.(Baca juga: Area Berkuman di Restoran

Menurut para desainer, spons dan zat disinfektan dapat diganti atau diisi ulang, sehingga tali pegangan dapat selalu terjaga kebersihannya. Melalui innovasi ini yang dibuat oleh designer Li Jiyang, Liu Tao, Qiu Zhen, Zeng Jiayu, dan Zhou Shen mendapatkan penghargaan dari Red Dot Award.

Semoga innovasi teknologi ini bisa segera masuk ke Indonesia, agar pengguna transportasi umum semakin merasa nyaman dan bersih. (news.discovery.com)