Penulis
Intisari-Online.com - Anna Goulding, Account Director Rice Communications Pte Ltd. mengungkapkan,dari sembilan negara,OrangIndonesia ditemukanpaling banyak menonton iklan di media tayang (TV, ponsel, tablet seperti iPad, dan komputer meja) dengan lama 540 menit per hari. Selanjutnya, Filipina menyusul dengan waktu 531 menit per hari.
"Penelitian reaksi iklan ini terhadap 9 negara di Asia Pasifik dan ternyataIndonesiapaling lama menonton iklan yang ditayangkan lewat berbagai media," paparnya.(Baca juga: 4 Pengalaman Dalam 1 Genggaman)
Adapun negara-negara yang diteliti adalahIndonesia, Filipina, Tiongkok, Vietnam, Thailand, Australia, India, Korea Selatan dan Jepang.Mayoritas dilihat dari ponsel
Dari hasil perhitungan, tercatat bahwa orang Indonesia melihat iklan lewat TV selama 132 menit per hari. Sementara melalui komputer meja selama 117 menit, lewat ponsel selama 181 menit, dan lewat tablet 110 menit. Dalam hal ini, jelaslah bahwa iklan paling banyak dilihat melalui ponsel.
Selain itu, dibandingkan dengan negara lain, penonton iklan lewat TV diIndonesiajuga paling banyak.Secara keseluruhan, ponsel dinilai menjadi media yang paling banyak digunakan untuk melihat iklan oleh sembilan negara tersebut. Selanjutnya, iklan dilihat melalui TV, lewat komputer meja dan lewat tablet. Dengan jumlahpeak(paling banyak) menonton antara jam 21.00 hingga 24.00.
Melihat hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa potensi paling efektif dalam beriklan adalah melalui ponsel.
(Baca juga: Stop Gunakan Ponsel 1 Jam Sebelum Tidur!)
Penelitian semacam ini sendiri sudah dilakukan lebih dari 10 tahun lalu. Targetnya adalah usia 16 hingga 44 tahun yang menggunakan multi user atau menggunakan TV dan satu lagi media, apakah itu ponsel, atau tablet atau komputer meja.
Adapun sebanyak 3.080 sample responden telah diambil dari 9 negara tersebut. (Tribunnews)