Find Us On Social Media :

Indosat: Matinya Jaringan Disebabkan Anomali Traffic

By Ade Sulaeman, Jumat, 4 April 2014 | 20:00 WIB

Indosat: Matinya Jaringan Disebabkan Anomali Traffic

Intisari-Online.com - Menanggapi keluhan matinya jaringan Indosat,  operator seluler Indosat mengakui jaringannya sedang mengalami gangguan sejak Rabu malam dan masih terjadi hingga Kamis siang (3/4/2014). Perusahaan menemukan adanya ketidaknormalan dalam jaringan.

"Indikasi secara teknis telah ditemukan adanya anomali traffic berupa flooding traffic di sisi IP MPLS yang menyebabkan kelebihan beban (overload) di perangkat Indosat," kata Mirza Helmi, Group Head Customer Experience Project Indosat.(Baca juga: Inikah Penyebab Matinya Jaringan Indosat?

Multiprotocol label switching atau MPLS merupakan cara penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi. Seperti dikutip dari Wikipedia, prinsip kerja MPLS adalah "menggabungkan beberapa kelebihan dari sistem komunikasi circuit-switched dan packet-switched yang melahirkan teknologi yang lebih baik dari keduanya".

Tim teknis Indosat saat ini sedang melakukan perbaikan, tetapi belum bisa memprediksi kapan jaringannya bakal pulih sepenuhnya. Perusahaan mengklaim saat ini jaringannya berangsur membaik.

"Atas nama manajemen Indosat, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini yang mungkin masih dirasakan hingga pagi ini oleh sebagian pelanggan Indosat," ujar Mirza.

Sebelumnya diberitakan, pada saat jaringan Indosat mati, firma internet BGPMon melaporkan Indosat telah "membajak" alamat IP prefix perusahaan-perusahaan di AS, salah satunya Apple. "Pembajakan" prefix internet ini diduga akibat kesalahan konfigurasi BGP di router Indosat. (kompas.com)