Find Us On Social Media :

Office for iPad Tembus 12 Juta Unduhan

By Chatarina Komala, Minggu, 6 April 2014 | 10:00 WIB

Office for iPad Tembus 12 Juta Unduhan

Intisari-Online.com -  Dalam waktu yang relatif singkat, sejak diluncurkan selama satu minggu lamanya, Microsoft mengklaim aplikasi Office for iPad telah diunduh sebanyak 12 juta kali.

Klaim tersebut disampaikan Microsoft melalui akun Twitter resmi Office (@Office). Jumlah download tersebut meliputi seluruh aplikasi Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Sayangnya, Microsoft tidak merinci satu per satu jumlah download masing-masing aplikasi.(Baca juga: Meski Terlambat, Microsoft Tetap Rilis 'Office for Ipad')

Dikutip dari 9to5 Mac (3/4/2014), antusias pengguna iOS terhadap Office memang diprediksi akan tinggi. Sebab, setelah dua hari diluncurkan, aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint sudah bertengger di deretan atas daftar aplikasi gratis di App Store.

Walau bisa diunduh gratis, namun Microsoft membatasi fungsi aplikasi tersebut hanya sebatas untuk membuka dan membaca file dokumen saja. Jika ingin fungsi lebih, seperti membuat dan mengedit, maka pengguna harus berlangganan layanan ini.

Microsoft mematok harga berlangganan 99 dollar per tahun bagi pengguna yang ingin mengakses lebih banyak fitur-fitur Office for iPad. Menurut situs Recode, dari biaya berlangganan tersebut, Apple mendapat bagian keuntungan sebesar 30 persen.

Upaya lain yang dilakukan Microsoft saat peluncuran Office for iPad adalah dengan menawarkan layanan Office 365 gratis selama satu tahun bagi 50 orang pertama yang membeli aplikasi produktivitas tersebut.(Baca juga: Memanfaatkan Microsoft Office Gratisan di iPhone dan Android

Walau performa aplikasi Office for iPad mendapat ulasan yang positif, namun Microsoft mendapat kritik tentang model penjualannya. Salah satunya adalah dari situs Tech Crunch yang menyayangkan mengapa Microsoft menerapkan sistem berlangganan per tahun, alih-alih beli putus (sekali bayar), mengingat aplikasi Apple iWorks bisa didapatkan secara gratis. (Reska K. Nistanto/ Kompas)