Find Us On Social Media :

15 Fitur Rahasia Google yang Jarang Diketahui (2)

By Ade Sulaeman, Jumat, 4 April 2014 | 18:15 WIB

15 Fitur Rahasia Google yang Jarang Diketahui (2)

Intisari-Online.com - Google, website paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia memiliki sejumlah fungsi yang tak diketahui semua orang. Dikutip dari Telegraph.co.uk, berikut ini lima dari 15 fitur rahasia Google mungkin belum Anda ketahui.(Baca juga: Awasi Google DNS, Turki Memata-matai Pengguna Internet)

6. Mencari file secara spesifik

Jika mengetahui jenis file yang akan dicari seperti PDF atau Word, kita dapat menambahkan ekstensi file secara spesifik dengan mengetikkan “ filetype:pdf” atau “ filetype:doc”

7. Mengecek status penerbangan

Jika kita telah mengetahui nomor penerbangan, kita bisa mengecek informasi detailnya. Contohnya dengan mengetikkan “BA335” maka akan muncul status penerbangan British Airways dengan nomor penerbangan 335 dari Paris jam 15.45 dan akan tiba di Heatrow Terminal 5 pada jam 15.48 waktu setempat.

8. Mengecek film yang ditayangkan di bioskop

Fitur rahasia Google lainnya adalah dengan mengetikkan “film” atau “movie” diikuti dengan kodepos setempat maka akan menunjukkan daftar film yang sedang diputar di bioskop-bioskop setempat. Sayangnya untuk di Indonesia sendiri fitur ini belum bisa diterapkan.

9. Prakiraan cuaca

Cukup dengan mengetikkan nama kota diikuti dengan “forecast” maka Google akan menampilkan prakiraan cuaca selama satu hari termasuk dengan kelembaban udara dan kecepatan angin. Prakiraan cuaca ini termasuk dengan cuaca selama satu minggu berdasarkan data dari weather channel.

10. Mengeluarkan daftar pencarian

Jika kita mengetikkan kata yang memiliki dua arti atau memiliki hubungan dengan kata yang lain, kemungkinan akan sulit karena memiliki hasil pencarian yang sangat banyak. Kita dapat mengeluarkan hasil yang tidak sesuai dengan tanda “-“ maka hasil yang dihasilkan dapat lebih sesuai. Contoh bila kita mengetikkan “Apple –iPhone” maka akan menghasilkan pencarian Apple tanpa iPhone.

(Tofin Bravo/chip.co.id)