Penulis
Intisari-Online.com - Kini kita tidak hanya bisa melakukan pemesanan tiket kereta api secara online di situs penjualan resmi tiket KAI, tapi juga bisa menggunakan aplikasi di smartphone Anda.
Tentunya, semua aplikasi berasal dari pihak ketiga karena pihak KAI belum memiliki aplikasi resmi. Alhasil, ada biaya tambahan yang harus Anda tanggung.(Baca juga: Dari Inggris, Kereta Api Menaklukkan Dunia)
Berikut adalah dua aplikasi jika Anda ingin melakukan pemesanan tiket kereta api.
1. Tiket Kereta Api
Platform: Android
Sistem pembayaran: Kartu kredit, KlikBCA, Transfer ATM, Setor Tunai, BCA KlikPay, CIMB Clicks
Plus: Mendukung KlikBCA, ada sejarah pencarian rute
Minus: Tidak bisa memilih kursi; Hanya menampilkan tiket H-89
Aplikasi keluaran Ticket Solutions, partner dari tiket.com, ini memiliki pilihan pembayaran yang banyak, termasuk KlikBCA yang banyak digunakan orang. Aplikasi ini juga menunjukkan sejarah pencarian rute yang pernah kita lakukan—sangat berarti bagi Anda yang rutin mencari tiket.
Namun aplikasi ini tidak memungkinkan kita memilih kursi. Selain itu, ada masalah besar jika aplikasi ini digunakan untuk berebut tiket. Ketika kami cek di tanggal 23 April, aplikasi ini hanya menampilkan pembelian tiket sampai 21 Juli—alias H-89.
2. Padi Train
Sistem pembayaran: FinPay, MitraPay, BCA Klikpay, Kartu Kredit, Mandiri clickpay, Telkomsel T-Cash, Mandiri e-cash, CIMB Niaga Clicks, mynt e-money, ATM Bersama
Plus: Bisa memilih tempat duduk
Minus: Data penumpang tercatat hanya jika pernah melakukan transaksi
Aplikasi Padi Train ini memiliki informasi yang komplit, bahkan peta stasiun kereta. Saat memesan tiket kereta api, kita juga bisa memilih gerbong dan tempat duduk yang kita inginkan. Pilihan metode pembayaran juga sangat beragam, meski untuk BCA hanya tersedia KlikPay (bukan Klik BCA).
Aplikasi ini juga memiliki fasilitas penyimpanan data penumpang, namun dengan syarat kita pernah melakukan transaksi sebelumnya. (infokomputer.com)