Find Us On Social Media :

6 Lampiran E-mail yang Berbahaya

By Ade Sulaeman, Senin, 28 April 2014 | 20:30 WIB

6 Lampiran E-mail yang Berbahaya

Intisari-Online.com - Maria Vergelis, Spam Analis Kaspersky Lab, mengingatkan pengguna komputer untuk berhati-hati lampiran-lampiran email yang berbahaya.

Penjahat cyber sangat cerdik dan selalu memiliki cara baru untuk mengecoh pengguna. "Pesan apapun dari pengirim yang tidak dikenal, meskipun terlihat sangat penting, harus diperlakukan dengan skeptis," kata Maria.(Baca juga: Jangan Asal Menanggapi Rayuan Gombal di Email

Menurut rilis yang diterima CHIP, berikut ini lampiran email berbahaya dengan penyebaran paling luas di bulan Maret menurut Kaspersky:

1. Trojan-Spy.HTML.Fraud.gen – adalah laman HTML palsu yang dikirim ke pengguna melalui email dan disamarkan sebagai pesan penting dari bank komersial besar, toko online, perusahaan software, dan lain-lain.  

2. Aspxor network worm (worm jaringan)worm ini secara otomatis menginfeksi situs, mengunduh dan mengeksekusi software lain, serta mengumpulkan data berharga yang ada di komputer.

3. E-mail-Worm.Win32.Bagle.gt – adalah worm e-mail yang mengirim duplikat diri sendiri ke seluruh alamat email yang ada di komputer yang terinfeksi. Worm ini juga mengunduh file dari Internet tanpa sepengetahuan pengguna.

4. Zbot Trojan, yang spesialisasinya adalah mencuri informasi rahasia.(Baca juga: 4 Langkah Lindungi Identitas Saat Berinternet

5. The Bublik family of Trojan downloaders (pengunduh Trojan) – mengunduh file berbahaya ke komputer pengguna lalu menjalankan Trojan tersebut.

6. The Andromeda family of backdoors (backdoor keluarga Andromeda) – memungkinkan penjahat cyber secara diam-diam mengontrol komputer yang terinfeksi dan menjadikannya botnet.

Jadi, berhati-hatilah saat menerima lampiran email yang berbahaya tersebut. (chip.co.id)