Find Us On Social Media :

Harga Komponen Google Glass Kurang dari Sepersepuluh Harga Jualnya

By Ade Sulaeman, Jumat, 2 Mei 2014 | 20:15 WIB

Harga Komponen Google Glass Kurang dari Sepersepuluh Harga Jualnya

Intisari-Online.com - Ketika dijual dalam jumlah terbatas pertengahan April lalu, Google Glass langsung ludes terjual, meski harganya selangit AS$1500 atau sekitar Rp16 juta. Padahal harga komponen Google Glass hanya seperenambelas harga jual tersebut.

Diperkirakan, harga komponen untuk membuat Google Glass sebenarnya hanya sekitar AS$80. Perkiraan itu dikeluarkan oleh Teardown.com yang mempreteli sebuah Google Glass untuk melihat komponen apa saja yang ada di dalamnya.(Baca juga: Kacamata Pintar Google Glass

Komponen paling mahal di dalam sebuah Google Glass adalah prosesor dengan harga sekitar AS$14. Sementara prisma yang berfungsi sebagai layar, harganya ternyata cuma AS$3.

Jika ditilik, bukan cuma Teardown.com yang mengklaim soal harga komponen Google Glass yang murah. Tahun lalu, media China Post juga bahkan memperkirakan harga komponen Glass tidak lebih dari AS$30.

Tentu, kurang pas jika menilai harga sebuah produk dari harga komponen Google Glass. Ada dana, waktu, dan keahlian yang harus dicurahkan untuk menciptakan sebuah produk, apalagi yang revolusioner seperti Google Glass.

Faktor lain yang penting dicatat, harga AS$1500 adalah harga untuk developer dan first adopter yang biasanya memang harus menanggung biaya di atas konsumen kebanyakan.

Jika ingin melihat tahapan proses pemretelan Google Glass, Anda bisa melihatnya di tautan berikut ini. (infokomputer.com