Find Us On Social Media :

Cara Menggunakan USB Flash Drive yang Aman

By Ade Sulaeman, Jumat, 16 Mei 2014 | 19:45 WIB

Cara Menggunakan USB Flash Drive yang Aman

Intisari-Online.com - Saat ini, banyak orang yang tergantung pada USB flash drive untuk menyimpan data mereka. Namun, tak banyak pengguna yang tahu cara menggunakan USB flash drive yang aman. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memperpanjang masa pakai dari flash drive.

1. Pindahkan/Cabut flash drive dari PC atau notebook dengan cara yang benar. Jika flash drive dipindahkan atau dicabut pada saat sedang bekerja (membaca atau menulis file), data yang terdapat di dalamnya dapat rusak dan bahkan hilang.(Baca juga: Bolehkah Cabut Langsung USB Drive?

2. Tips menggunakan USB flash drive yang aman berikutnya adalah dengan tidak memaksakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan flash ke konektor. Konektor USB flash dirancang untuk digunakan searah, jadi harus dapat dicolokkan hanya dalam kondisi satu arah saja. Jika Anda mengalami kesulitan ketika ingin mencolokkan drive, jangan Anda paksakan. Hal tersebut akan membuat soket dan perangkat penyimpanan flash rusak.

3. Selalu lakukan backup terpisah untuk semua data Anda. Meskipun flash drive sangat membantu dalam menyimpan data, tetapi selalu ingatlah untuk tetap melakukan backup terhadap informasi penting yang Anda miliki ke berbagai media. Bahkan bisa saja Anda mencetak data tersebut pada kertas untuk penyimpanan dalam jangka panjang. Jangan menyimpan data penting hanya pada sebuah perangkat penyimpanan flash tanpa melakukan backup di lokasi lain.

Selain tiga tips menggunakan USB flash drive yang aman di atas, konsumen juga harus menyadari bahwa beberapa produk resmi yang dijual oleh jalur bersertifikasi dapat menawarkan kapasitas yang terjamin. Dengan begitu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana membedakan produk yang resmi dan tidak resmi. (chip.co.id)