Find Us On Social Media :

Tren Percakapan Seputar Capres di Media Sosial: Sentimen ke Para Capres

By Ade Sulaeman, Kamis, 29 Mei 2014 | 19:30 WIB

Tren Percakapan Seputar Capres di Media Sosial: Sentimen ke Para Capres

Intisari-Online.com - Pasca pendeklarasian para cawapres, terdapat perubahan tren percakapan seputar capres di media sosial. Termasuk diantaranya fenomena Jokowi dan Prabowo mendapat sentimen yang bervariasi dari linimasa di Twitter dan Facebook.

Dari total jumlah mention masing-masing di media sosial, perolehan sentimen positif untuk Prabowo adalah paling tinggi, lalu diikuti sentimen netral dan sisanya adalah sentimen negatif. Ini artinya dari seluruh percakapan soal Prabowo, sebagian besar sentimennya positif dan netral.

Sementara itu, dari jumlah mention di media sosial tentang Jokowi, sebagian besar percakapan memberi sentimen netral.

Sedangkan, perolehan sentimen positifnya hanya 11%, tak beda jauh dengan sentimen negatifnya 9%. Ini dikarenakan linimasa lebih memilih bersikap menunggu dan mengamati kelanjutannya setelah pendeklarasian, tanpa beropini.

Oleh karenanya cenderung tidak ada perubahan signifikan dalam tren percakapan seputar capres di media sosial. 

Penulis: Yustina Tantri (Awesometrics, penyedia layanan media monitoring untuk memantau reputasi sebuah perusahaan dan brand)Baca juga:- Inilah Tren Percakapan Seputar Capres di Media SosialKomparasi Tren Percakapan Seputar Capres di Media Sosial Setelah DeklarasiTren Percakapan Seputar Capres di Media Sosial: Penyebab Sentimen Negatif