Find Us On Social Media :

Inilah Hal Menarik di iOS 8

By Birgitta Ajeng, Selasa, 3 Juni 2014 | 18:00 WIB

Inilah Hal Menarik di iOS 8

Intisari-Online.com - Dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014, Apple telah memperkenalkan sistem operasi mobile terbaru iOS 8. Berikut ini adalah delapan hal menarik di iOS 8.

1. Notifikasi Interaktif

Lewat iOS 8, pengguna iPhone atau iPad tak perlu lagi membuka aplikasi untuk membalas pesan. Fitur notifikasi di iOS 8 memungkinkan pengguna berinteraksi langsung, seperti membalas pesan, lewat notifikasi yang muncul. Bukan hanya membalas pesan, Apple mendemokan fitur itu untuk me-Like sesuatu di Facebook atau menawar barang di eBay, semuanya langsung dari layar notifikasi, tanpa harus membuka aplikasi. Notification Center pun, akhirnya, dibuka untuk widget dari pihak ketiga.

2. Spotlight

Seperti di OS X Yosemite, iOS 8 juga mengalami peningkatan pada fitur Spotlight alias search. Di iOS, pencarian lewat Spotlight kini melampaui aplikasi dan data yang ada di dalam perangkat dan mulai mencakup film, lagu dan aplikasi yang belum dimiliki pengguna tapi tersedia di iTunes, data dari internet (termasuk Wikipedia) dan data dari Maps.

(Baca juga: Angka 8 Terlihat di Moscone West, iOS 8 Diluncurkan di WWDC 2014?)

3. Keyboard

Selain itu, hal menarik di iOS 8 adalah Apple memperkenalkan QuickType, fitur keyboard yang menampilkan pilihan kata otomatis di atas keyboard. Dalam demonya, pilihan kata akan sesuai dengan konteks aplikasi dan percakapan. Belum semua bahasa didukung oleh QuickType. Masih soal keyboard, hal yang cukup mengejutkan adalah Apple membuka akses pengguna memasang keyboard pihak ketiga, dan ini ditunjukkan dengan menjalankan Swype pada iPhone.

4. Messages

Ada banyak hal yang ditambahkan Apple pada Messgaes. Mulai dari pesan audio dan video yang bisa ditempelkan dengan sekali tekan tombol, berbagi lokasi dengan teman, mengelola group message ala WhatsApp dan bahkan pesan yang bersifat sementara alias langsung hilang dalam beberapa waktu setelah diterima ala Snapchat.

5. Healthkit

iOS 8 memperkenalkan Healthkit, sebuah aplikasi yang mengumpulkan data kesehatan pengguna. Ini cocok untuk mereka yang gemar menggunakan aplikasi kebugaran beserta aksesorisnya, seperti Nike+ ataupun yang lainnya.