Find Us On Social Media :

Ujicoba Teknologi Garis Gawang

By Axel Natanael Nahusuly, Jumat, 13 Juni 2014 | 18:15 WIB

Ujicoba Teknologi Garis Gawang

 
Konfirmasi masuk tidaknya bola ke dalam gawang dapat diketahui dalam waktu kurang dari satu detik. Waktu ini merupakan bagian dari persyaratan International Football Association Board (IFAB) yang menyetujui teknologi ini pada Juli 2012.
 
Sistem GoalControl-4D dilengkapi dengan 14 kamera berkecepatan tinggi yang terletak di sekitar lapangan. Tujuh kamera fokus di mulut gawang, dengan menggunakan software khusus untuk menghasilkan gambar empat dimensi.
 
Jika bola telah sepenuhnya melewati garis gawang, unit pengolahan data pusat secara otomatis mengirimkan sinyal radio dienkripsi kepada wasit dalam waktu kurang dari satu detik.
 
FIFA juga telah memberikan sesi latihan kepadan wasit akhir pekan lalu, juga di Maracana. FIFA ingin memastikan bahwa semua ofisial pertandingan merasa nyaman dengan teknologi dan bisa menjelaskan prosedur pertandingan secara lebih rinci.
 
"Teknologi garis gawang akan menjadi alat bantu pertandingan yang sangat besar. Kita harus memutuskan apakah itu gol atau tidak dengan seksama, saya mendukung penggunaan teknologi ini," kata Kepala Wasit FIFA Massimo Busacca., seperti dilansir FIFA.com, Selasa (10/6/2014).(Baca juga: Cara Meyimpan Jadwal Piala Dunia 2014 di Google Calendar Anda)
 
GoalControl-4D telah di-install di 12 stadion penyelenggara Piala Dunia 2014, semuanya sudah melewati melewati pengujian final. Sebagai bagian dari pengujian, akan dicoba 2.400 situasi gol di garis gawang.
 
Piala Dunia 2014 adalah ajang Piala Dunia pertama yang menggunakan teknologi garis gawang. Sebelumnya, teknologi gasris gawang ini sudah digunakan di Piala Dunia FIFA antar Klub 2012 dan 2013, serta Piala Konfederasi FIFA tahun lalu di Brasil. (Chip)