Find Us On Social Media :

Tips Mengisi Daya Smartphone di Tempat Umum Agar Data Kita Tak Dicuri

By Ade Sulaeman, Selasa, 20 Desember 2016 | 10:31 WIB

Tips Mengisi Daya Smartphone di Tempat Umum

Intisari-Online.com - Jangan sembarang menggunakan pengisi daya di tempat umum jika tidak ingin data-data di smartphone Anda dicuri. Salah satunya dengan menjalankan tips aman menggunakan pengisi daya smartphone di tempat umum.

Pengisi daya di tempat umum dimanfaatkan oleh para penjahat siber. Mereka tahu bahwa ketika jauh dari rumah, orang biasa menggunakan smartphone untuk mengakses peta, rute jalan, dan berbagai informasi lainnya yang membuat baterai cepat habis. (Saat Sumber Daya Nirkabel Mengubah Dunia

“Hal ini memicu orang-orang menggunakan pengisi daya apapun yang mereka temukan, meski hanya beberapa menit,” tutur Dmitry Bestuzhev, Head of Global Research and Analysis Team Kaspersky Lab untuk wilayah Amerika Latin.

Padahal, banyak penjahat siber yang memanfaatkan hal tersebut untuk mencuri data atau bahkan memasukan malware ke dalam smartphone yang sedang diisi baterainya. Caranya? Penggunaan koneksi USB di sebagian besar smartphone mempermudah mereka melakukan aksi jahatnya.

Untuk itu, tips aman menggunakan pengisi daya smartphone di tempat umum berikut ini:

• Jangan sekali-kali menggunakan sembarang charger; carilah tempat yang aman untuk mengisi baterai perangkat Anda.

• Gunakan baterai dengan hemat dan bawalah baterai cadangan sebagai pengganti baterai utama Anda.

• Perangkat iOS memiliki baterai extra, dan ini bisa jadi solusi yang baik.

• Usahakan untuk mengoptimalkan umur baterai dengan mematikan proses yang tidak perlu dan gunakan mode pesawat terbang (airplane mode) jika tidak mendapatkan jaringan selular. Anda juga bisa mematikan suara, getar dan bunyi, serta fitur boros baterai lainnya, seperti wallpaper animasi dan lain-lain.

Demikian tips aman menggunakan pengisi daya smartphone di tempat umum, semoga bermanfaat. (chip.co.id)