Find Us On Social Media :

Android One, Smartphone Murah Google

By Ade Sulaeman, Kamis, 26 Juni 2014 | 20:00 WIB

Android One, Smartphone Murah Google

Intisari-Online.com – Smartphone murah Google akhirnya resmi diumumkan. Melalui ajang konferensi Google I/O, raksasa teknologi mobile Google mengenalkan Android One.

Acara yang bertempat di San Francisco, Amerika Serikat, tersebut berlangsung pada rabu (25/6/2015).(Baca juga: Google Siapkan Android Seharga Rp1 Jutaan

Android One sendiri pada dasarnya bukanlah smartphone yang akan diproduksi langsung oleh Google. Melainkan dijadikan platform smartphone murah Google yang nantinya dapt ditiru oleh produsen-produsen smartphone.

Bahkan Google membuat referensi desain untuk ponsel dengan target pasar negara berkembang tersebut. Harapannya satu, para pabrikan ponsel Android dapat memproduksi ponsel dengan harga terjangkau.

Sistem operasi yang digunakan smartphone murah Google ini berupa versi stock yang nantinya dapat diberi tambahan beragam aplikasi lain oleh para produsen ponsel Android.(Baca juga: Siap-siap, Smartphone Microsoft Dijual Murah Tahun Ini

Tahap pertama pembuatan Android One akan dijalankan opeartor-operator di India, yaitu Karbonn, Cromax, dan Spice mulai kuartal ketiga 2014.

Untuk saat ini, sebagai acuan pertama ponsel Android One, Google bekerja sama dengan Micromax. Wujudnya berlayar 4,5 inci, FM Radio, dual-SIM, dan slot SD card. Harganya, kurang dari AS$100 atau sekitar Rp1,2 juta. (kompas.com)