Find Us On Social Media :

Pesan Koneksi Internet Lelet dari YouTube

By Moh Habib Asyhad, Senin, 7 Juli 2014 | 18:00 WIB

Pesan Koneksi Internet Lelet dari YouTube

Intisari-Online.com - Mesin pemutar video YouTube akan memberi pesan koneksi internet lelet kepada pemakaiannya. Pesan tersebut termasuk informasi mengenai faktor-faktor yang membuat koneksi internet tidak dapat memutar video dengan lancar. Fiture tersebut merupakan langkah baru Google—selaku pengelola YouTube—untuk menciptakan YouTube yang lebih komunikatif.

Lebih detailnya, jika koneksi internet sedang buruk-buruknya, YouTube akan menampilkan pesan pop-up dalam kotak warna biru muda dengan bunyi “Experiencing interruptions? Find out whay” (Mengalami gangguang? Cari tahu kenapa?”

Ketika pengguna mengklik tombol “Find out why?” pengguna akan dibawa pada halaman berjudul Video Quality Report yang memberi informasi tentang kecepatan internet hingga nama operator telekomunikasi yang digunakan.(Baca juga: YouTube Semakin Memudahkan Penggunanya Mencari Lagu

Selanjutnya, kecepatan internet tersebut akan dibandingkan dengan kebutuhan untuk memutar video definisi tinggi (HD Verified) untuk resolusi minimum 720p, definisi standar (Standar Definition) dengan resolusi 360p, dan definisi rendah (Lower Definition) bagi resolusi di bawah 360p.

Saat mengetahui koneksi yang digunakan tidak berjalan secepat yang diharapkan, pengguna bisa memilih resolusi video yang sesuai dengan kecepatan internetnya. “Ingat, peringkat ini fokus pada semua pengguna di jaringan milik penyedia jasa internet di suatu wilayah, bukan koneksi sendiri,” bunyi pengumuman resmi YouTube.(Baca: YouTube dan Facebook Jadi Sumber Informasi Intelijen Inggris

Selain agar lebih komunikatif, penerapan fitur pesan koneksi internet lelet ini diambil Google supaya YouTube tidak selalu disalahkan ketika video tidak berjalan mulus. Padahal, kendala tersebut sejatinya berasal dari koneksi internet dipakai oleh pengguna YouTube. (Kompas.com)