Find Us On Social Media :

'Melihat' dengan Telinga melalui Aplikasi EyeMusic

By Lila Nathania, Sabtu, 23 Agustus 2014 | 09:00 WIB

'Melihat' dengan Telinga melalui Aplikasi EyeMusic

Intisari-Online.com -Kacamata yang membuat orang buta sebagian dapat melihat telah ditemukan. Kini penyandang tuna netra total pun dapat “Melihat” dengan telinga melalui Aplikasi EyeMusic.(Baca juga: Saatnya Orang Buta Bisa Melihat

Dengan menggunakan headphone dan telepon genggam, kini seorang buta dapat melihat dunia. Aplikasi EyeMusic membantu menerjemahkan warna, bentuk, dan lokasi suatu benda menjadi serangkaian isyarat musikal.

Aplikasi ini membuat orang yang buta sejak lahir pun dapat “membaca” huruf serta angka bahkan ekspresi wajah lawan bicara. Caranya tidak sulit, cukup berlatih untuk mengenali pola nada-nada yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah keadaan.

Jika Anda ingin mencoba “melihat” dengan telinga melalui aplikasi EyeMusic, unduhlah aplikasi ini kemudian gunakan perangkat headphone. Genggam ponsel dengan kamera menghadap ke depan Anda. Dengan begitu aplikasi ini akan menangkap gambar di sekeliling Anda dan menerjemahkannya menjadi seragkaian nada.(Baca juga: Finger Reader: Dengan Alat Ini, Kini Tuna Netra Bisa Membaca!)

Urutan dan jenis instrumen dalam aplikasi ini menjadi isyarat kunci untuk “melihat”. Contohnya suara manusia menandakan benda berwarna putih. Terompet menandakan biru, biola menandakan kuning, dan organ menandakan merah.

Berbagai kombinasi isyarat nada menandakan hal yang berbeda. Oleh karenanya untuk dapat memahami aplikasi ini dan ‘melihat’ dengan jelas, seseorang harus melakukan latihan selama 70 jam. Pengguna diajari untuk mengidentifikasi objek, wajah, pemandangan, dan lain-lain.

Para ilmuan juga menemukan fakta bahwa pengguna aplikasi EyeMusic yang buta sejak lahir menggunakan bagian otak serupa dengan orang normal saat “melihat”. Suara disalurkan otak ke bagian ‘penglihatan’ untuk diproses menjadi imaji. Jadi seseorang memang sungguh dapat “melihat” dengan telinga melalui Aplikasi EyeMusic (National Geographic).