Find Us On Social Media :

Menangkal Serangan Siber dari Rumah

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 29 Agustus 2014 | 11:00 WIB

Menangkal Serangan Siber dari Rumah

Intisiri-Online.com - Serangan siber bisa kapan saja menyerang perangkat hiburan di rumah kita yang terkoneksi internet. Kaspersky Lab memberi arahan kepada kita untuk menangkal serangan siber dari rumah.

Pakar keamanan Kaspersky Lab, David Jacoby, melakukan percobaan penelitian di ruang tamunya guna mengetahui seberapa aman perangkat hiburan di rumah dari serangan siber. Setelah melakukan beberapa analisis, kesimpulannya, perangkat hiburan di rumah Jacoby yang terkoneksi internet sangat rentan terkena serangan siber.(Baca juga: Indonesia Peringkat 22 Negara yang Sering Melakukan Serangan Siber

Lebih detailnya, dari dua model network-attached storage (NAS) yang berasal dari vendor berbeda: Smart TV, penerima satelit, dan printer yang terkoneksi, ditemukan 14 kerentanan. Juga satu kerentanan dalam Smart TV dan beberapa fungsi remote control yang tersembuni di router.

Untuk menangkal hal-hal yang tidak diinginkan, Jacoby mempunyai beberapa tips yang juga bisa lakukan guna menangkal serangan siber dari rumah.

- Buat hidup para hacker menjadi lebih sulit: semua perangkat terkoneksi yang kita miliki harus diperbarui dengan semua update keamanan dan firmware terbaru. Ini akan meminimalkan risiko eksploitasi kerentanan yang terdeteksi.

- Pastikan bahwa default username dan password diubah – dua hal tersebut kerap menjadi sasaran utama para peretas.(Baca juga: Melindungi Android dar Serangan Jahat dengaan 6 Jurus

- Cara menangkal serangan siber dari rumah selanjutnya, kebanyakan router dan switch rumah memiliki opsi untuk pengaturan jaringan di setiap perangkat dan membatasi akses ke perangkat. Biasanya dengan bantuan beberapa DMZ/VLAN yang berbeda. (Tribunnews.com)