Find Us On Social Media :

Cara Mengamankan Akun iCloud Supaya Terhindar dari Para Peretas

By Axel Natanael Nahusuly, Selasa, 2 September 2014 | 19:15 WIB

Cara Mengamankan Akun iCloud Supaya Terhindar dari Para Peretas

Intisari-Online.com – Dunia maya sedang digemparkan dengan peristiwa bobolnya iCloud yang menyebabkan beberapa foto panas para artis Hollywood tersebar. Tampaknya kita perlu tahu cara mengamankan akun iCloud supaya terhindar dari para peretas.

Dalam The Wall Street Journal, juru bicara Apple, Nat Kerris, menyatakan bahwa pihak Apple sedang melakukan investigasi terhadap peristiwa ini. “Karena kami menganggap privasi pengguna merupakan hal yang sangat penting,” jelas Kerris.

Namun, rasanya akan lebih baik jika kita bisa mengamankan lebih dulu akun iCloud kita sebelum diretas.

Pilihan pertama, kita bisa melakukan penghapusan cepat seluruh foto dan menghentikan fungsi upload foto otomatis ke iCloud. Caranya: 1. Masuk ke menu setting 2. Pilih kategori “iCloud” 3. Nonaktifkan “Photo Stream” yang berfungsi meng-upload foto secara otomatis ke iCloud. 4. Lakukan hal ini pada semua perangkat Apple kita.

Namun sebelum melakukan hal itu, pastikan kita sudah punya back up data tersebut di PC lain, agar tidak hilang begitu saja.

Kedua, kita bisa gunakan fasilitas Two Factor Authentication (TFA) yang dapat meningkatkan keamanan dengan menggunakan password atau PIN. Teknologi itu juga akan memberi notifikasi melalui SMS, apabila akun iCloud kita sedang diakses oleh perangkat yang tidak dikenal.

Ini cara mengaktifkannya. 1. Masuk ke Apple ID 2. Pilih "Manage your Apple ID and sign in" 3. Pilih "Password and Security" 4. Aktifkan "Two-Step Verification" dengan mengikuti instruksi yang ada seperti gambar di bawah ini.

 

Semoga beberapa tip ini bisa bantu mengamankan akun iCloud Anda. (Forbes)