Find Us On Social Media :

Samsung Gear VR, Bermain Game Virtual Reality 3D dengan Smartphone

By Axel Natanael Nahusuly, Jumat, 5 September 2014 | 17:00 WIB

Samsung Gear VR, Bermain Game Virtual Reality 3D dengan Smartphone

Intisari-Online.com – Bermain game di smartphone tampaknya sudah menjadi hal yang wajar. Selain banyak pilihan, aplikasinya pun semakin seru dan menarik. Kabar baiknya, Samsung segera meluncurkan Gear VR. Sebuah headset yang dapat memberikan pengalaman bermain game virtual reality 3D dengan smartphone.

Samsung Gear VR merupakan hasil kerjasama Samsung dengan Oculus VR yang pernah membuat perangkat sejenis, bernama Oculus Rift. Bedanya Gear VR bukanlah perangkat yang berdiri sendiri, melainkan produk pendukung Samsung.

Seperti yang dipamerkan dalam ajang IFA di Berlin, untuk mengoperasikan Gear VR harus dipadukan dengan smartphone Galaxy Note 4 sebagai sumber penyedia aplikasi.

Di sisi tengah layar Gear VR terdapat dudukan untuk menaruh Galaxy Note 4. Kemudian terdapat dua lensa yang berfungsi untuk memberikan efek 3D dari layar ponsel tersebut. Hasilnya pengguna seperti bermain langsung di dalam layarnya.

Di sisi kanan Gear VR terdapat trackpad dan tombol 'back' untuk mengoperasikan game yang dimainkan. Selain itu, di bagian atasnya terdapat tombol untuk mengatur fokus. Untuk lebih jelasnya lihat video di bawah ini.

Sayangnya saat ini, perangkat berbentuk kacamata besar ini hanya kompatibel dengan perangkat seri Galaxy dengan port USB 3.0. Artinya perangkat ini hanya bisa dinikmati di seri Galaxy baru dan kelas menengah ke atas saja.

 Menurut laporan Mashable, Samsung belum mengumumkan harga resmi dari Samsung Gear VR untuk bermain game virtual rality 3D ini. Namun, kabarnya Gear VR akan hadir di musim gugur mendatang. (Mashable)