Find Us On Social Media :

Sky Whale, Pesawat Futuristik Berbentuk Paus

By Lila Nathania, Sabtu, 6 September 2014 | 10:00 WIB

Sky Whale, Pesawat Futuristik Berbentuk Paus

Intisari-Online.com - Pertanyaan orang-orang di industri pesawat selalu sama; bagaimana membuat pesawat yang dapat mengangkut sebanyak mungkin orang, sejauh mungkin, dengan bahan bakar seminim mungkin. Jawabannya mungkin Sky Whale, pesawat futuristik berbentuk paus.

Di dunia modern ini pesawat terbesar yang ada merupakan Airbus A380. Pesawat tingkat dua ini dapat mengangkut 500 hingga 850 orang, tergantung rasio pembagian kursi kelas ekonomi dan bisnis yang dipesan.

Meski sudah merupakan raksasa di dunia penerbangan sekarang, Airbus A380 akan terlihat seperti pesawat mainan jika disandingkan dengan AWWA Sky Whale. Pesawat yang didesain oleh Oscar Vinals ini berbentuk seperti gabungan antara ikan dan pesawat luar angkasa.

Vinals berkata bahwa terbang dengan Sky Whale akan menjadi pengalaman yang menakjubkan sebab setiap orang bisa menikmati kursi seperti dalam teater yang luas. Teknologi yang digunakan juga akan jauh lebih canggih dibandingkan pesawat konvensional.

Sayap pesawat akan memiliki turbin yang memasok energi untuk mesin dan baterai. Mesin yang canggih juga akan membuat Sky Whale mampu mendarat dalam keadaan tubuh pesawat nyaris vertikal dengan tanah. Dengan bentuk aerodinamis dan sistem ventilasi udara, pesawat ini akan sangat minim turbulensi.

Saat ini Sky Whale, pesawat futuristik berbentuk paus, memang belum bisa diproduksi karena keterbatasan teknologi. Akan tetapi Vinals optimis dengan rancangannya ini sebab ia telah melakukan riset bertahun-tahun untuk menciptakan desain Sky Whale.

Meski sejumlah pihak meragukan desain Vinals yang lain daripada yang lain, Vinals tak putus asa. Menurutnya Sky Whale bukan hanya artistik namun memang dapat berfungsi dengan optimal. Ia bahkan mengutip perkataan Einstein, “Imajinasimu adalah gambaran dari pertunjukan yang akan datang di masa depan.” (BBC)