Find Us On Social Media :

Apple Pay Siap Gantikan Kartu Kredit?

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 10 September 2014 | 18:45 WIB

Apple Pay Siap Gantikan Kartu Kredit?

Intisari-Online.com - Ada yang baru dari peluncuran tipe iPhone terbaru, yaitu Apple Pay. Kabar yang beredar mengatakan, Apple Pay siap gantikan kartu kredit, dan debit. Apakah benar demikian?

Sebagai informasi, layanan Apple Pay adalah metode pembayaran mobile yang diperlakukan Apple untuk menggantikan metode pembayaran manual yang biasa dilakukan dengan kartu kredit maupun debit. Eddy Cue, Apple Senior Vice President of Internet Software and Services, menyebut, layanan ini sangat aman dan bersifat rahasia. Kondisi ini juga dipercaya memungkinkan untuk melakukan pembayaran dengan mudah nan cepat.

Apple Pay yang siap gantikan kartu kredit didukung dengan teknologi yang berada di dalam iPhone 6 seperti antena NFC, fitur keamanan Touch ID, dan fitur Passbook.

Layanan Apple Pay diproyeksikan bekerja laiknya kartu kredit dan debit. Pengguna membuat kartu virtual di dalam Iphone yang dimilikinya berdasar pada kartu kredit dan debit. Uniknya, pembuatan kartu virtual ini bisa dilakukan melalui akun iTunes.

Jika menginginkan penambahan kartu baru, pengguna cukup memotret kartu kredit atau debit yang mereka miliki menggunakan kamera iSight pada iPhone. Setelah itu, kartu bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant-merchant yang mendukung teknologi NFC. Ketika bertransaksi, pengguna cukup melakukan sentuhan jari di sensor Touch ID.

Untuk mempermudah transaksi, Apple telah bekerjasama dengan tiga jaringan pembayaran besar: American Express, MasterCard, dan Visa. Dan perlu dicatat, Apple tidak mencatat setiap barang yang dibeli oleh pengguna, di mana belinya, dan berapa harganya.

Untuk menjaga keamanan, kartu yang dibuat nantinya akan disimpan di Passbook. Seperti yang diklaim oleh Apple, informasi kartu debit maupun kredit yang disimpan di Passbook tidak tercatat baik di perangkat iPhone atau server Apple. Cukup aman bukan?

Faktor keamanan kerap menjadi masalah para pemegang kartu kredit atau debit. Tapi pengguna Apple Pay tak usah khawatir. Ketika smartphone hilang, pengguna tak perlu memblokir kartu-kartunya. Ia cukup menggunakan fitur Find My iPhone untuk membloker transaksi.

Jadi, isu Apple Pay siap gantikan kartu kredit dan debit sepertinya sebentar lagi akan jadi kenyataan. (Kompas.com)