Find Us On Social Media :

10 Mitos Tentang Teknologi yang Kita Gunakan Setiap Hari (1)

By Axel Natanael Nahusuly, Senin, 22 September 2014 | 19:45 WIB

10 Mitos Tentang Teknologi yang Kita Gunakan Setiap Hari (1)

Intisari-Online.com – Teknologi berkembang begitu cepat di sekitar kita. Seiring perkembangannya, banyak pula mitos tentang teknologi yang kita gunakan setiap hari. Apa saja itu?

1. Mitos: Kita tidak bisa membuat foto yang bagus tanpa kamera dengan ukuran megapixel yang besar.

Fakta: Menurut laporan The New York Times, kualitas sebuah foto tidak hanya tergantung dari ukuran megapixel. Tapi ada banyak faktor lain, seperti lensa, sensor kamera, kualitas pencahayaan, komposisi, dan pengaturan kamera.

2. Mitos: Menggunakan ponsel di SPBU memiliki risiko kebakaran.

Fakta: Hingga saat ini, baru satu kasus SPBU terbakar akibat ponsel. Itu pun New York Daily News melaporkan bahwa kebekaran itu tidak sepenuhnya akibat ponsel. Pada dasarnya sinyal ponsel memang bisa menghasilkan percikan listrik yang dapat memicu uap bensin, tapi itu sangat jarang. Namun, untuk keamanan, National Fire Protection Association menyarankan agar kita mengikuti instruksi pabrik yang mengatakan harus meninggalkan telepon di dalam mobil.

3. Mitos: World Wide Web (www.) dan Internet adalah hal yang sama.

Fakta: Keduanya berbeda. Internet adalah infrastruktur yang memungkinkan proses berbagi informasi antara jaringan di seluruh dunia, termasuk melalui komputer pribadi, smartphone, dan perangkat lainnya. Web sendiri hanya salah satu dari jaringan tersebut, yakni satu situs dan halaman yang dimulai dengan www. Contohnya halaman yang sedang kita buka sekarang di www.intisari-online.com ini.

4. Mitos: Jika baterai ponsel atau laptop tidak digunakan sampai habis sebelum diisi ulang, kapasitas baterai akan berkurang.

 Fakta: Dulunya hal ini memang benar. Tapi kini teknologi baterai telah berkembang. Saat ini, sebagian besar perangkat telah didukung dengan baterai lithium-ion atau lithium-ion sel polimer. Jadi kita bisa mengisi daya baterai kapanpun kita mau.

5. Mitos: Magnet bisa menghapus data kita.

Fakta: Hard disk seperti pada komputer kita memang beresiko kehilangan data jika terkena magnet. Tetapi itu hanya berlaku dengan magnet yang sangat kuat, seperti yang digunakan mesin MRI atau peralatan khusus lainnya.Itulah mitos tentang teknologi yang kita gunakan setiap hari. (huffingtonpost)