Find Us On Social Media :

10 Mitos Tentang Teknologi yang Kita Gunakan Setiap Hari (2)

By Axel Natanael Nahusuly, Senin, 22 September 2014 | 20:00 WIB

10 Mitos Tentang Teknologi yang Kita Gunakan Setiap Hari (2)

Intisari-Online.com – Teknologi berkembang begitu cepat di sekitar kita. Seiring perkembangannya, banyak pula mitos tentang teknologi yang kita gunakan setiap hari. Apa saja itu?

6. Mitos: Berdiri di dekat microwave tidak baik untuk kesehatan.

Fakta: The New York Times melaporkan bahwa tingkat radiasi yang keluar dari microwave berada pada tingkat sangat jauh untuk bisa sampai menyakiti orang.

7. Mitos: Jangan pernah memasukkan logam ke dalam microwave, karena dapat memicu kebakaran.

Fakta: Meletakkan logam di dalam memang bisa berbahaya. Tapi tergantung bentuknya. Pada benda berbentuk runcing atau tajam memang bisa memicu bahaya. Tapi pada logam berbentuk bulat, seperti sendok, biasanya tidak masalah.

8. Mitos: Mengakses Internet dengan mode private atau "incognito" artinya kita online secara tersembunyi atau anonim.

Fakta: Mengaktifkan mode private atau "incognito" hanya menyembunyikan history situs yang kita kunjungi, tetapi tidak menyembunyikan kita dari web sepenuhnya. Situs yang kita kunjungi akan tetap mengetahui bahwa kita telah mengunjunginya.

9. Mitos: Ponsel bisa sebabkan kanker otak.

Fakta: Meskipun pada tahun 1990 hingga awal 2000-an, ponsel banyak diperbincangkan sebagai pemicu kanker, sampai saat ini tidak ada penelitian yang telah menemukan hubungan sebab akibat antara menggunakan ponsel dengan kanker. Sebuah studi selama 11 tahun di Inggris juga menyimpulkan bahwa gelombang radio yang dihasilkan oleh ponsel atau BTS tidak terbukti menyebabkan risiko terhadap kesehatan. Namun, memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

10. Mitos: Video game bisa mengubah anak yang baik menjadi nakal.

Fakta: Sebuah studi di University of Glasgow tahun 2013 tidak menemukan bahwa anak yang konsisten bermain video game akan mengalami perubahan sifat yang signifikan. Bahkan, sebuah studi terpisah menemukan bahwa anak yang bermain video game selama kurang dari satu jam sehari, akan sedikit lebih bahagia dan lebih baik daripada anak yang tidak bermain game sama sekali.

Namun, penelitian lain telah menemukan bahwa bermain video game berlebihan dapat berdampak negatif bagi anak. Terutama ketika permainan sangat sulit.

Itulah mitos tentang teknologi yang kita gunakan setiap hari. (huffingtonpost