Find Us On Social Media :

Galaxy Kurang Laku, Laba Samsung Electronics Turun 60%

By Ade Sulaeman, Selasa, 7 Oktober 2014 | 20:00 WIB

Galaxy Kurang Laku, Laba Samsung Electronics Turun 60%

Intisari-Online.com - Tahun lalu, di bulan yang sama, Samsung menikmati rekor laba operasional sebesar AS$9,6 miliar untuk kuartal ketiga. Hal itu dipicu penjualan ponsel Galaxy yang begitu cepat. Namun, saat ini, penjualan Galaxy kurang laku, sehingga laba Samsung Electronics turun 60% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Perusahaan ini mengumumkan laba operasi untuk periode tersebut hanya berkisar di antara AS$3,6 miliar sampai AS$4 miliar. Penurunan juga diduga akan terjadi pada kuartal keempat.

Meski data lengkap dari keuangan Samsung belum dirilis, Wall Street Journal dan Bloomberg menduga laba Samsung Electronics turun 60% terjadi karena Galaxy kurang laku, tertekan dari dua arah sekaligus.

Untuk penjualan ponsel high-end, Samsung Galaxy ditekan oleh produk iPhone terbaru Apple. Sementara untuk ponsel low-end, Samsung mendapat pesaing serius dari duo produsen ponsel asal China, Xiaomi dan Lenovo.

Langkah Samsung selanjutnya, setelah meluncurkan ponsel andalan terbaru mereka: Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge, adalah memacu pertumbuhan bisnis pembuatan chip memori, prosesor dan layar.

Samsung mengumumkan bahwa mereka akan membangun sebuah pabrik chip baru senilai AS$14 miliar di Korea. Upaya ini diharapkan dapat menurunkan beberapa harga ponsel mereka termasuk Galaxy Alpha yang dinilai terlalu mahal oleh beberapa pihak.

Sebuah strategi yang diharapkan menjadi solusi penjualan Galaxy yang kurang laku, yang menyebabkan laba Samsung Electronics turun 60%. (engadget.com)