Find Us On Social Media :

Perilaku Buruk Pengguna Facebook yang Badmood

By Lila Nathania, Rabu, 8 Oktober 2014 | 09:00 WIB

Perilaku Buruk Pengguna Facebook yang Badmood

Intisari-Online.com - Apa sih yang biasanya dilakukan oleh pengguna Facebook? Mengintip status teman? Melihat-lihat foto liburan mantan pacar? Apa yang biasanya dilakukan seseorang di Facebook saat sedang sedih? Berikut beberapa perilaku buruk pengguna Facebook yang badmood.

Sebuah studi menunjukkan bahwa saat sedang mengalami suasana hati buruk, kita cenderung mencari ‘teman’ di Facebook. Kita biasanya mencari kawan yang juga sedang mengalami hari buruk. Seringkali kita bahkan mencari yang lebih parah.

Menurut Dr. Benjamin Johnson, asisten profesor Universitas VU Amsterdam, secara umum seseorang mencari informasi positif di media sosial. Akan tetapi hal ini tidak berlaku saat kita sedang badmood.

Ketika seseorang merasa rapuh, ia akan cenderung mencari orang lain yang juga mengalami hari buruk. Kita juga cenderung mencari mereka yang tidak pintar menunjukkan dirinya dari sisi positif. Dengan cara ini kita jadi merasa lebih baik dari orang lain tersebut.

Untuk menemukan perilaku buruk pengguna Facebook yang badmood ini Dr. Johnson melakukan penelitian terhadap 168 mahasiswa. Mereka diminta melakukan sejumlah kegiatan di media sosial dan dipantau suasana hatinya.

Hasil riset menunjukkan bahwa para mahasiswa yang baik-baik saja cenderung menghabiskan waktu melihat profil orang sukses dan bahagia. Sedangkan mahasiswa yang badmood banyak melihat profil orang yang gagal dan tak menarik.

Jadi sebagai penyemangat diri sendiri, kita cenderung mencari orang yang lebih buruk dari diri sendiri. Hal ini serupa dengan orang yang patah hati dan cenderung memilih lagu-lagu sedih. Apakah Anda termasuk orang yang seperti ini? (HuffingtonPost)