Find Us On Social Media :

Akibat Sengketa Pajak, Pabrik Terbesar Nokia Segera Tutup

By Ade Sulaeman, Rabu, 8 Oktober 2014 | 19:15 WIB

Akibat Sengketa Pajak, Pabrik Terbesar Nokia Segera Tutup

Intisari-Online.com - Akibat masalah sengketa pajak dengan pemerintah India, pabrik terbesar Nokia segera ditutup. Pabrik yang berlokasi di Chennai, India, tersebut rencananya akan berhenti beroperasi pada awal bulan depan.

Masalah sengketa pajak ini pula yang membuat pabrik di India ini tidak termasuk dalam paket akuisisi divisi perangkat Nokia oleh Microsoft pada April lalu.

Diduga, Nokia jumlah tunggakan pajak Nokia yang belum terbayar ke India yang jumlahnya diperkirakan mencapai miliaran dollar AS.

“Microsoft telah memberitahu Nokia bahwa fasilitas produksi seperti tercantum dalam perjanjian akan ditutup pada 1 November,” tulis Nokia dalam pernyataannya kepada Reuters, Rabu (8/10/2014).

Status sebagai pabrik terbesar Nokia ini juga membuat Nokia harus memperhatikan dengan seksama dampak penutupan pabrik tersebut kepada para karyawannya yang bekerja di sana.

“Sebagai penyedia lapangan kerja yang bertanggungjawab, Nokia sedang meninjau langkah-langkah untuk meminimalisir dampak (penutupan pabrik) terhadap para pekerja,” papar Nokia dalam pernyatannya.

Tanggung jawab Nokia terhadap para karyawannya sudah dilakukan sejak Nokia diakuisisi oleh Microsoft April lalu. Saat itu, 5.000 dari 6.600 karyawan yang bekerja full time di pabrik terbesar Nokia yang akan segera ditutup tersebut setuju untuk menerima pensiun dini dari Nokia. (kompas.com)