Find Us On Social Media :

Google Gunakan Unta untuk Petakan Wilayah Padang Pasir

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 10 Oktober 2014 | 08:00 WIB

Google Gunakan Unta untuk Petakan Wilayah Padang Pasir

Intisari-Online.com - Jika biasanya Google menggunakan mobil untuk memuluskan proyek Street View (Google Street View Car), maka kali ini moda transportasi yang digunakan berbeda. Terutama untuk daerah-daerah yang sulit. Salah satu yang paling mutakhir adalah Google gunakan unta untuk petakan wilayah padang pasir.

Unta, hewan berpunuh khas padang pasir ini dipakai oleh Google untuk memetakan Gurun Liwa di Uni Emirat Arab. Dari apa yang dipaparkan dalam blog resmi Google, Gurun Liwa ini sebagai salah satu lansekap yang mengagumkan. Dan tentu saja layak untuk didokumentasikan.

Dalam blog resmi itu juga diunggah video yang memperlihatkan proses pemetaan; nampak seekor unta yang punggungnya dipasangi modul kamera Trekker sedang memotret panorama 360 derajat. Sejatinya, ini modul yang sama yang dipasang di Google Street View Car, hanya saja kali ini menggunakan unta.

“Dengan menggunakan punggung unta, kami bisa mengambil gambar seasli mungkin, serta meminimalkan kerusakan di lingkungan yang rapuh ini,” tulis blog resmi itu, seperti dilansir Kompas.com.

Hasilnya, pengguna akan merasakan sensasi seperti di punggung unta yang belakangan diketahui bernama Raffia. Kita seolah diajak mengarungi lautan pasir; ada juga bayangan si unta yang muncul bersamaan dengan bayangan si pengguna.

Terlepas dari itu semua, proyek ini memang berusaha mengajak para penggunanya untuk menjelajahi tempat-tempat yang sulit dijangkau. Dari kutub utara hingga Kepulauan Galapagos. Untuk Indonesia, proyek ini berhasil memetakan terumbu karang di Nusa Tenggara Barat.

Untuk lebih jelasnya, berikut video Google gunakan unta untuk pemetaan wilayah padang pasir.