Find Us On Social Media :

Xiaomi Mulai Lirik Pasar Perangkat Smart Home

By Chatarina Komala, Senin, 13 Oktober 2014 | 20:00 WIB

Xiaomi Mulai Lirik Pasar Perangkat Smart Home

Intisari-Online.com - Setelah menyasar produk smartphone dan tablet, mulai entry-level hingga premium, Xiaomi mulai lirik pasar  perangkat smart home (rumah pintar), yang sebelumnya sudah diincar raksasa teknologi, seperti Samsung dan Google. Xiaomi yang dijuluki sebagai Apple dari China ini mungkin menganggap inilah saatnya bagi pengguna rumah untuk segera mengadopsi berbagai perangkat cerdas agar pengawasan rumah yang mereka tinggali bisa lebih mudah dan fleksibel. 

Sebagai perangkat perdana untuk diujicoba pada smart home, Xiaomi menyiapkan empat produk sekaligus, yakni bohlam pintar (Yeelight Smart Lightbulb), Ants smart webcam, Mi Smart Power Plug, dan Mi Smart Remote Centre. Namun, untuk saat ini, Xiaomi baru menyediakan produk-produk tersebut untuk diujicoba dengan jumlah yang terbatas (bagi 200 beta tester).

Xiaomi Mi Smart Remote Center akan berfungsi sebagai hub untuk semua perangkat smart lainnya (TV, audio player, AC, dan lain-lain) yang ada di rumah agar bisa dikontrol dengan mudah oleh penghuninya dengan bantuan software (app) yang telah dirancang khusus. Ants Smart Webcam adalah webcamera dengan resolusi HD (720p) yang memiliki viewing angle lebar (111 derajat). Smart webcam ini juga menyertakan fungsi 4x optical zoom dan voice call dua arah.

Penghui rumah yang ingin mematikan/menghidupkan lampu atau perangkat elektronik lain secara remote atau otomatis bisa memilih Mi Smart Power Plug. Soket listrik dengan port USB ini telah mendapat sertifikat keamanan 3C (China Compulsory Product Certification) di negara asalnya. Xiaomi telah menyiapkan app khusus yang bisa di-install di smartphone agar pengguna bisa lebih nyaman mengontrol perangkat tersebut.

Xiaomi yang saat ini dikabarkan sedang berunding dengan Microsoft untuk membuat smartphone berbasis Windows Phone juga akan merilis bohlam pintar yang dinamakan Yeelight Smart Lightbulb. Yeelight adalah bohlam LED yang dilengkapi koneksi Bluetooth 4.0 untuk dikontrol pengguna (warna dan intensitas cahayanya) via smartphone app. (Iwan Ramos S./Chip)