Find Us On Social Media :

4 Teknologi Rumah Pintar yang Semakin Pintar

By Axel Natanael Nahusuly, Sabtu, 25 Oktober 2014 | 16:00 WIB

4 Teknologi Rumah Pintar yang Semakin Pintar

Intisari-Online.com – Teknologi rumah canggih seperti milik Tony Stark dalam film Iron Man tampaknya sudah semakin nyata. Karena di dunia nyata, kita sudah mengenal yang namanya rumah pintar. Bahkan dalam perkembangannya, kini ada 4 teknologi rumah pintar yang semakin pintar. Apa saja?

1. Teknologi kontrol

Teknologi kontrol pada rumah pintar tentunya akan memmudahkan hidup kita. Misalnya saat sedang berbelanja di supermarket, kita bisa mengontrol kulkas pintar untuk mengirim foto isi kulkas ke smartphone kita, untuk mengetahui bahan makanan apa saja yang sudah habis dan perlu dibeli. Selain itu, kita bisa liburan dengan tenang tanpa khawatir kompor belum dimatikan atau pintu belum dikunci. Karena teknologi rumah pintar memungkinkan kita mengendalikan semua perangkat dalam rumah, dari mana pun kita berada.

2. Teknologi kenyamanan

Teknologi rumah pintar tentu  akan membuat kita nyaman. Misalnya saat pulang dari kantor, pintu garasi dapat terbuka otomatis untuk kita. Selain itu lampu dan pendingin ruangan bisa menyala otomatis, tanpa kita harus menyalakannya satu per satu. Karena aplikasi rumah pintar sudah mengurus semua itu.

3. Teknologi keamanan

Keamanan merupakan salah satu faktor penting dalam rumah pintar. Tanpa perlu membawa kunci rumah atau membuat duplikat untuk asisten rumah tangga, kita bisa membuka pintu sesuai yang kita inginkan. Akses untuk orang tertentu juga bisa kita non-aktifkan jika perlu. Bahkan, lebih canggih lagi, sebuah sensor dapat memantau pembukaan atau penutupan pintu, jendela, hingga laci. Selain itu, sensor juga bisa mengidentifikasi kelembaban udara, kandungan CO2, suhu luar ruangan yang terlalu tinggi, dan memperingatkan keadaan darurat seperti kebakaran, banjir dan penyusup. Jika akan meninggalkan orang tua sendirian pun, rumah pintar dapat memperingatkan mereka waktu untuk minum obat.

4. Teknologi ekologi

Teknologi rumah pintar kini juga bisa memantau pemborosan dalam menggunakan listrik dan air. Kita dapat memprogram sistem untuk menyalakan dan mematikan pendingin udara dan perangkat listrik lain ketika dibutuhkan saja. Terlebih lagi, sistem dapat melacak dan melaporkan perangkat yang paling banyak terjadi pemborosan energi. Penghematan air di kamar mandi dan penyiram tanaman juga dapat di atur melalui sistem rumah pintar.

Itulah 4 jenis teknologi rumah pintar yang semakin pintar saat ini. Menarik. (mnn.com)