Find Us On Social Media :

Kapal Pesiar Pertama dengan Internet Super Cepat di Laut Lepas

By Axel Natanael Nahusuly, Senin, 3 November 2014 | 19:15 WIB

Kapal Pesiar Pertama dengan Internet Super Cepat di Laut Lepas

Intisari-Online.com – Koneksi internet rasanya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kebanyakan orang. Tapi kesulitan koneksi internet cepat masih ditemukan saat berlayar di laut terbuka. Untungnya sebuah operator kapal pesiar, Carnival,  berhasil menyediakan kapal pesiar pertama dengan internet super cepat di laut lepas.

Teknologi ini dikenal dengan koneksi internet hybrid bernama "WiFi @ Sea". Jaringan baru bagi penumpang kapal pesiar, untuk memberikan layanan internet lebih cepat di dalam setiap perjalanan laut.

Carnival belum menyatakan secara detil kecepatan koneksi internet yang dimilikinya. Tapi mereka hanya mengaku, kira-kira kecepatan koneksi internet itu sepuluh kali lebih cepat daripada yang ditawarkan sebelumnya pada kapal tersebut.

Perusahaan akan menggunakan metode overlapping untuk menyediakan akses internet di setiap daerah pelayaran. Misalnya, saat kapal berlabuh, internet akan terhubung ke Wi-Fi berbasis di darat. Saat kapal ada di laut lepas, kapal akan memanfaatkan koneksi internet dari satelit.

Carnival mengatakan jaringan akan beralih bolak-balik antara kedua pilihan itu selama perjalanan. Penumpang yang terhubung ke jaringan internet ini pun akan dapat melihat perubahan koneksi ini secara "transparan".

Ramon Millan, wakil presiden untuk kapal pesiar Carnival, berharap jaringan internet baru ini akan menarik pelanggan baru. Terutama generasi digital yang selalu membutuhkan konektivitas internet dan media sosial dalam kesehariannya.

Kapal pesiar pertama dengan internet super cepat di laut lepas ini akan broperasi pertama kali dari Amerika Serikat pada kuartal keempat tahun ini. Carnival pun berencana untuk memperluas jaringan untuk beroperasi di daerah lain, seperti Mediterania, Eropa Barat, dan Asia, pada tahun 2015 dan 2016. (Theverge)