Find Us On Social Media :

Berbagai Meme Terkait Kebijakan Jonan Pasca-Kecelakaan AirAsia QZ8501

By Ade Sulaeman, Jumat, 9 Januari 2015 | 19:00 WIB

Berbagai Meme Terkait Kebijakan Jonan Pasca-Kecelakaan AirAsia QZ8501

Intisari-Online.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pasca-kecelakaan maskapai Indonesia AirAsia penerbangan QZ8501. Para pengguna internet pun segera meresponnya, salah satunya dalam bentuk meme (gambar candaan atau sindiran). Berbagai meme terkait kebijakan Jonan pasca-kecelakaan AirAsia QZ8501 tersebut beredar dengan cepat di media sosial.

Meme-meme yang mengkritik kebijakan Menteri Perhubungan tersebut muncul setelah mantan Direktur PT Kereta Api Indonesia ini mengeluarkan aturan pengarahan tatap muka wajib antara pilot dan FOO sebelum terbang.

Berikut ini berbagai meme terkait kebijakan Jonan pasca-kecelakaan AirAsia QZ8501:

Ada pula meme yang menunjukkan sikap kritis terhadap aturan setiap pesawat yang RTB, RTA, atau mengalihkan pendaratan untuk melaporkannya ke otoritas penerbangan, yang kemudian diinvestigasi sebelum diperbolehkan terbang kembali. 

Selain itu, netizen juga bersikap kritis terhadap wacana Kemenhub yang akan menaikkan tarif batas bawah tiket pesawat terbang, dari 30 persen harga tertinggi, menjadi 40 persen. Menurut Jonan, tarif murah bisa membahayakan keselamatan maskapai LCC.

Ada juga meme yang menyindir bahwa Menhub yang dari latar belakang perusahaan kereta api tidak memiliki pengetahuan yang cukup, atau tidak memiliki staf ahli yang mengerti permasalahan dunia penerbangan. Meme sindiran itu menggambarkan kereta api yang bisa terbang, lengkap dengan mesin dan sayapnya.

Ada juga yang mengekspresikan rasa waswas mereka jika kebijakan-kebijakan baru yang dibuat Menhub Ignasius Jonan justru akan mematikan industri penerbangan di Indonesia, seperti tergambar dalam dua meme berikut ini: 

Itulah berbagai meme terkait kebijakan Jonan pasca-kecelakaan AirAsia QZ8501. Semoga terhibur. (kompas.com)