Find Us On Social Media :

Family Fitness Stadium Events, Game Langka Seharga Rp1,2 Miliar

By Moh Habib Asyhad, Senin, 12 Januari 2015 | 18:45 WIB

Family Fitness Stadium Events, Game Langka Seharga Rp1,2 Miliar

Intisari-Online.com - Yang biasa bermain Nintendo pasti pernah mendengar game berjudul Family Fitness Stadium Events dari Bandai. Baru-baru ini, game langka ini dikabarkan tengah dilelang di situs online Ebay. Kira-kira berapa angka penawarannya? US$100 ribu, setara dengan Rp1,2 miliar. Untuk sebuah game kuno, itu adalah harga yang fantastis; Family Fitness Stadium Eventsgame langka seharga Rp1,2 miliar.

Padahal, lelang baru akan ditutup minggu depan sehingga ada kemungkinan harga akhirnya akan lebih tinggi lagi.

Ada beberapa hal yang membuat game langka ini berani ditawar dengan harga yang luarga biasa gila. Benar, cartridge alias “kaset” video game ini diproduksi terbatas, hanya 2.000 buah cartridge.

Game ini pada awalnya memang dirilis dalam jumlah yang terbatas oleh Bandai pada 1987. Tujuannya, membundelnya dnegan aksesoris matras Family Fun Fitness dari perusahaan yang menciptakannya.

Tapi Nintendo lantas melisensi teknologi matras Bandai untuk dibundel denagn versi baru dari konsol game buatannya. Stadium Events pada akhirnya ditarik dari pasaran.

Untuk diketahui, dari 2.000 cartridge yang diproduksi itu, hanya 200 buah yang berhasil didistribusikan ke toko-roko ritel. Memang, secara umum angka penjualannya tidak diketahui, tapi yang jelas, ada dua cartridge Stadium Events yang diketahui masih tersimpan dalam kemasan aslinya yang berupa plastik akrilik bening. Salah satunya adalah item yang dilelang lewat eBay tadi.

Si pelelang sendiri mendaku sebagai mantan pegawai Nintendo yang membeli kaset game itu di awal 1990-an.

Perlu diperhatikan, siapa pun nantinya yang berhasil memiliki cartridge game ini, kemungkinan besar tidak akan bisa memainkannya, dan hanya akan menyimpannya sebagai sebuah barang koleksi. Tidak disebutkan alasannya apa, tapi kemungkinan besar lantaran produksi Nintendo sudah tidak ada lagi.

Meski demikian—terutama bagi yang belum pernah memainkan game ini—video yang diunggah di YouTube ini mungkin bisa memberi sedikit gambaran bagaimana Family Fitness Stadium Events dijalankan. (Kompas.com)