Find Us On Social Media :

Saat Ini Google Play Memliki Aplikasi Lebih Banyak Dibanding App Sotore Milik Apple

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 18 Januari 2015 | 10:00 WIB

Saat Ini Google Play Memliki Aplikasi Lebih Banyak Dibanding App Sotore Milik Apple

Intisari-Online.com - Menurut sebuah laporan terbaru, saat ini Google Play memiliki aplikasi lebih banyak dibanding App Store milik Apple. Jumlah aplikasi yang meningkat hingga 50 persen dari tahun lalu itu melampaui jumlah aplikasi App Store untuk kali pertama.

Angka terbaru keluar dari laporan appFigure, sebuah layanan analitik yang memonitor data dari ribuan aplikasi yang ada di Play Store. Laporan itu mencatat tiga "toko aplikasi"—di Android, iOS, dan Amazon Appstore—mengalami pertumbuhan yang signifikan, tapi Play Store adalah yang paling tinggi.

“Yang menarik, meski Apple terus berkembang pesat, tapi—soal toko aplikasi—Google Play yang paling pesat,” bunyi rilis appFigure. “Pada 2014, jumlah aplikasi yang didistribusikan ke Google Play bertambah dua kali lipat.”

Perusahaan analitik lainnya, App Annie, yang melacak data app store dari Google Play dan Apple App Store, seperti dilansir oleh Mashable, menyebut, Google Play memiliki lebih banyak aplikasi dibanding iOs App Store. Saat ini, Google Play telah memiliki hampir 300.000 aplikasi lebih banyak dibanding iOS App Store.

Infografik oleh  

appFigure tidak mau berspekulasi di balik perubahan pertumbuhan aplikasi itu, namun sepertinya ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Secara global, pangsa pasar Android masih lebih luas dibanding iOS, sehingga masuk akal jika aplikasi yang ada di Android jumlahnya lebih banyak.

Selain itu, Google juga membuat kemudahan untuk para pengembang membuat aplikasi terbaru tanpa harus melalukan persetujuan yang rumit seperti yang terjadi di Apple.

Meski demikian, secara kesuluruhan, para pengembang yang mendistribusikan produknya di iOS mendapatkan lebih banyak uang dibangding di Android. Meskipun pengunduhan 60 persen lebih banyak di Android, tapi pemasukan 60 persen lebih banyak di iOS.