Find Us On Social Media :

Hati-Hati! 5 Bahaya Listrik di Rumah yang Sering Tak Kita Sadari

By Axel Natanael Nahusuly, Rabu, 11 Februari 2015 | 16:00 WIB

Hati-Hati! 5 Bahaya Listrik di Rumah yang Sering Tak Kita Sadari

Intisari-Online.com - Menurut survey, 53 persen kebakaran yang terjadi di perumahan disebabkan kabel listrik. Mulai dari percikan api yang besar, hingga tanda-tanda korsleting yang tersembunyi di balik peralatan listrik. Berikut adalah lima bahaya listrik di rumah yang sering tak kita sadari.

1. Kabel yang longgar dan terkelupas.Mungkin kita pernah menjumpai kabel yang sambungannya sudah longgar, atau bahkan sudah terkelupas hingga bagian inti kabel tersebut sudah terlihat. Kalau menemukan hal seperti ini, sebaiknya langsung ganti kabel dengan yang baru. Karena keadaan itu bisa menyebabkan kebakaran atau seseorang kesetrum.

2. Permasalahan

3. Kipas angin di langit-langitPermasalahan yang sering terjadi, kipas angin ini tampak bergoyang-goyang saat dinyalakan. Bisa jadi karena blade-nya melengkung atau longgar. Sebaiknya segera perbaiki masalah tersebut.

4. Menggunakan lampu yang tidak sesuaiMenggunakan lampu dengan watt yang melebihi batas yang bisa diterima sebuah tempat lampu, dapat menyebabkan bahaya kebakaran. Jadi pastikan semua lampu yang digunakan sesuai dengan spesifikasi perangkat listrik kita.

5. Stop kontak panasJika stop kontak terasa hangat saat disentuh, mungkin memiliki kelebihan beban listrik pada unit tersebut. Jadi periksalah setiap stop kontak yang ada di rumah, sebaiknya jangan ada yang terasa hangat. 

Tips untuk Anda. Jika sampai muncul api yang bersumber dari listrik, jangan gunakan air untuk memadamannya. Karena hal itu hanya akan memperburuk keadaan. Sebaiknya, gunakan alat pemadam yang dirancang untuk kebakaran listrik atau meminta bantuan pemadam kebakaran.

Itulah 5 bahaya listrik di rumah yang sering tak kita sadari. (brightnest.com)