Find Us On Social Media :

Otak Mengendalikan Alat?

By Mohamad Takdir, Kamis, 13 Juni 2013 | 08:00 WIB

Otak Mengendalikan Alat?

Intisari-Online.com - Aktivitas di otak yang menggunakan "mesin otak" adalah sama persis dengan bagaimana otak mempelajari keahlian motorik. Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal PNAS. Para peneliti percaya bahwa dari penelitian yang merekam aktivitas saraf dengan sensor mampu membuat manusia di masa depan menggerakan sesuatu dengan hanya dipikirkan saja.

Penelitian ini mengidentifikasi daerah yang aktif di otak ketika sedang mengerjakan sesuatu. Para peneliti menggunakan antarmua otak-komputer (BCI) pada tujuh partisipan yang menderita epilepsi. Mereka diminta untuk memainkan game komputer yang memanupulasi sebuah bola untuk bergerak di layar menggunakan pikiran mereka. 

Penelitian terbaru yang menggunakan BCI menunjukan bahwa otak kita bisa mengendalikan banyak objek. Seperti tangan robot. Tetapi masih ada misteri bagaimana kita bisa mengendalikannya, menurut Jeremiah Wander dari University of Washington di Seattle, AS, yang memimpin penelitian ini.

Saat ini penelitian baru mencapai tahap mengidentifikasi sinyal otak dan level kerumitan tugas yang diberikan. Sementara itu pada saat ini sudah dikembangkan helikopter mini yang digerakan pikiran. Juga kursi roda listrik serta Samsung yang sedang mengembangkan tablet dengan pengendalinya pikiran. (BBC)