Find Us On Social Media :

Otak Pun Dipetakan Layaknya Google Map

By Mohamad Takdir, Minggu, 23 Juni 2013 | 10:00 WIB

Otak Pun Dipetakan Layaknya Google Map

Intisari-Online.com - Para peneliti berhasil mengelesaikan model otak dalam tiga dimensi (3D) dan beresolusi tinggi. Model yang dinamai Big Brain ini menunjukkan anatomi otak secara detail dan mikroskopis. Hasil dari penelitian ini akan tersedia secara cuma-cuma untuk para ahli saraf dan modelnya telah dipublikasikan di jurnal Science.

Prof Paul Fletcher dari Cambridge University berujar bahwa dengan model ini maka kita bisa tahu seperti apa otak di dalamnya. Peneliti harus memilah 7.400 bagian otak dari seorang wanita yang sudah meninggal. Setiap pilahan lalu dipindai dengan detail. Langkah terakhir adalah menyusun ulang pilahan itu di komputer sehingga menjadi satu.

Sebanyak 80 miliar neuron berhasil dipetakan dalam proses yang berlangsung selama 10 tahun ini. Salah seorang peneliti, Prof Katrin Amunts dari Julich Research Centre di Jerman berkata bahwa ini seperti menggunakan Google Earth. Dengan model 3D ini peneliti bisa menyelidiki respon yang ada di manusia dan memetakannya dengan lebih baik.

Sementara itu di Amerika Serikat peneliti sudah memulai proyek Human Connectome Project yang melibatkan hubungan antara bagian-bagian penting di otak. Beberapa minggu lalu Presiden Obama sudah meluncurkan inisiatif penyelidikan otak untuk menemukan obat berbagai macam kelainan seperti Alzheimer. (BBC)