Find Us On Social Media :

Tumbuhan Pun Bisa Berhitung

By Mohamad Takdir, Selasa, 25 Juni 2013 | 17:00 WIB

Tumbuhan Pun Bisa Berhitung

Intisari-Online.com - Tumbuhan memiliki kemampuan matematis yang berarti bisa mengatur cadangan makanan pada malam hari. Peneliti dari Inggris menyimpulkan hal ini dan diterbitkan dalam e-Life Journal. Model matematika menunjukan bahwa tumbuhan melakukan hal itu, yakni menyimpan tenaga untuk suatu hari nanti yang sama dengan yang dilakukan burung yang menyimpan lemak untuk migrasi. Para peneliti menyelidiki tumbuhan Arabidopsis yang menjadi objek penelitian. Penelitian yang dilakukan di John Innes Centre, Norwich menunjukkan bahwa untuk menyesuaikan konsumsi karbohidrat, tumbuhan melakukan perhitungan matematis.

Peneliti lalu menggunakan model matematika untuk menyelidiki bagaimana pembagian kalkulasi alias perhitungan matematis bisa ada di dalam tumbuhan. Pada malam hari, mekanisme dalam daun mengukur cadangan karbohidrat. Mekanisme yang sama sepertinya ada pula dalam burung yang mengatur cadangan lemaknya.

Mengomentari penelitian ini, Dr Richard Buggs dari Queen Mary, University of London, menyatakan bahwa ini bukan berarti tumbuhan memiliki kecerdasan tetapi artinya tumbuhan memiliki mekanisme untuk mengatur bagaimana mereka membakar karbohidrat di malam hari. Tumbuhan tidak seperti manusia yang "sadar" dalam melakukan perhitungan matematika. (BBC)