Find Us On Social Media :

Antidepresan Bikin Bayi Cacat Jantung Bawaan

By Mohamad Takdir, Jumat, 28 Juni 2013 | 14:00 WIB

Antidepresan Bikin Bayi Cacat Jantung Bawaan

Intisari-Online.com - Jika Anda sedang hamil dan mengonsumsi obat antidepresan, maka hal ini akan sangat membahayakan janin. Profesor Stephen Pilling dari National Institute for Health and Care Excellence (NICE) menyatakan bahwa jika sang ibunda tidak mengendalikan konsumsi obat antidepresan maka sang janin akan berisiko untuk mengalami kelainan jantung ketika sudah lahir nanti.

Di Inggris, obat antidepresan digunakan satu dari enam wanita hamil. Menurut Pilling, perlu ada peringatan dan penyuluhan untuk penggunaan obat antidepresan ini. Salah satu contoh kasus adalah anak dari Anna Wilson yang harus dioperasi jantung pada usia yang sangat muda. Tidak hanya itu, sang anak sudah menghabiskan lima minggu pertama dalam hidupnya di rumah sakit dan dokter memprediksi usianya tidak akan melebihi 40 tahun.

Anna Wilson pernah mengonsumsi obat antidepresan empat tahun sebelum ia hamil. Menurut Pilling, risiko bayi lahir dengan cacat jantung bawaan adalah dua dalam 100 tetapi jika sang ibu mengonsumsi obat antidepresan maka menjadi empat dalam 100.

Pilling juga mengungkapkan bahwa jika sang ibu hamil sebenarnya tidak perlu mengonsumsi obat antidepresan. Sebaiknya tidak usah memaksakan diri mendapatkan obat tersebut. (BBC)