Find Us On Social Media :

Rosphere, Robot Bola Pelayan Petani

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 5 Juli 2013 | 12:00 WIB

Rosphere, Robot Bola Pelayan Petani

Lagi, perilaku hewan menjadi inspirasi perkembangan teknologi untuk mempermudah aktivitas manusia. Kali ini yang ditiru adalah perilaku hamster saat menggelinding di dalam bola. Sekelompok peneliti dari Universitas Teknik Madrid berhasil menemukan alat untuk memonitor kondisi tanah di lahan pertanian yang diberi nama Rosphere

Dalam Rosphere, peran hamster yang biasanya menjalankan bola diganti dengan kontrol elektronik yang mampu mendorong bola melaju ke depan. Dalam sebuah uji coba, Rosphere mampu membuktikan bisa membantu para petani, terutama untuk mengetahui kondisi tanah yang akan dijadikan lahan pertanian.

Jika robot-robot yang dikembangkan untuk pertanian lainnya masih kesulitan untuk bergerak di tengah medan yang sulit, maka robot bola Rosphere tidak mengalami kesulitan sama sekali. Dia bisa terus melaju meski terhalang gundukan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah lainnya.

Sistem kontrol robot ini berayun pada sebuah poros yang terletak di pusat lubang bola. Dengan merubah posisi paket elektronik di poros, robot bisa terus berguling maju.

Adapun untuk mengetahui kondisi lingkungan, robot memasukkan sebuah sistem komunikasi nirkabel berkamera dan sensor lainnya. Selain kondisi lingkungan, tingkat kelembaban dan temperatur juga bisa diteksi oleh robot bundar tak berkaki ini.

Uniknya lagi, jika robot benar-benar stagnan dan tidak bisa menemukan jalan lagi, ia bisa dikendalikan dari jarak jauh oleh seorang operator khusus. Para peneliti berharap, robot bola ini untuk ke depannya bisa terus berfungsi secara reguler, serta bisa memberi tahu petani kapan waktu menyiram dan apa saja yang diperlukan oleh tanaman yang ditanam. (BBC)