Find Us On Social Media :

Rahasia Umur Panjang: Hidup Sederhana

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 24 Juli 2013 | 13:00 WIB

Rahasia Umur Panjang: Hidup Sederhana

Intisari-Online.com – Tinggal di daerah berkekurangan bukan berarti tidak ada kesejahteraan. Buktinya, orang-orang Cina dapat bertahan hingga usia lebih dari 100 tahun. Bukan hanya satu orang yang memiliki umur panjang, namun mencapai ratusan.

Sebuah desa bernama Chengmai, yang terletak di provinsi pulau Hainan menjadi buktinya. Dari 560.000 jumlah penduduknya, 200 orang berusia di atas 100 tahun. Jumlah tersebut merupakan salah satu rasio tertinggi di dunia.

Seperti laporan dari Nydailynews, mereka bisa bertahan hidup sejak perang sipil dan bencana kelaparan. Padahal, banyak penduduk tinggal di gubuk-gubuk tanpa kehangatan. Meski begitu rupanya merekalah orang-orang yang hidupnya paling lama di bumi ini.

Li Aizhu, penduduk berusia 113 tahun misalnya. Dia hidupnya sangat sederhana. Ia tidur di kamar tidur kecil dengan kipas angin listrik. Setiap hari ia melihat bebek melewati rumahnya.

Beberapa warga Chengmai kini mendapat gelar “Supercentenarian”. Nama yang diberikan kepada orang-orang yang berusia di atas 110 tahun, yang jumlahnya tidak lebih dari 400 orang di seluruh dunia.

Tahun lalu, Jennifer Holdaway dari China Institute for Health and the Environment, sebuah organisasi sosial kesehatan AS, mengunjungi Chengmai. Ia menemukan bahwa perekonomian tumbuh dari sektor pertanian. Sebagian besar mereka adalah petani dan makan apa yang mereka tanam.

“Tidak banyak industri, iklim juga baik, mereka dapat dengan mudah melatih tubuh, dan menerapkan pola makan sehat. Mereka banyak makan buah-buahan dan sayuran segar. Tanah mereka kaya selenium yang sangat bergizi,” katanya.

Menurut penelitian dari Partai Komunis komite Chengmai, yang membuat penduduk Chengmai berumur panjang adalah sikap mereka yang rajin, berpikiran sederhana dan murah hati. Selain itu mereka juga menjalani diet vegetarian, makan makanan sehat, tidur lebih awal, dan bangun pagi.

Tidak hanya dari makanan. Mereka juga memiliki kehidupan sosial yang besar. Para orang tua sering berkumpul, bermain kartu, mengobrol, dan mendengarkan opera Cina di radio.

Ternyata, rahasia umur panjang sangat sederhana ya. (*)