Find Us On Social Media :

Gigi Baru dari Urine

By Mohamad Takdir, Rabu, 31 Juli 2013 | 10:43 WIB

Gigi Baru dari Urine

Intisari-Online.com - Gigi dari urine telah ditumbuhkan oleh para ilmuwan. Temuan ini menumbuhkan harapan bahwa mereka yang hilang gigi bisa mendapatkan gigi seperti aslinya di masa depan. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Cell Regeneration menunjukkan bahwa urine dapat digunakan sebagai sumber sel punca yang kemudian bisa digunakan untuk menumbuhkan struktur mirip gigi. Tim dari Cina ini berharap bahwa dari percobaan ini bisa muncul gigi baru.

Kelompok peneliti di Guangzhou Institutes of Biomedicine and Health menggunakan urine sebagai titik awal penelitian mereka. Sel-sel yang umumnya ada di air yang mengalir di tubuh dikumpulkan di laboratorium. Sel yang dikumpulkan ini kemudian menjadi sel punca. Kumpulannya, serta beberapa bagian dari tikus kemudian ditanam di binatang. Para peneliti berpendapat bahwa setelah tiga minggu, kelompok sel ini mulai tumbuh menjadi seperti gigi yang lengkap dengan dentin dan organ enamel lainnya.

Akan tetapi, gigi buatan ini tidak sekeras gigi alami yang sudah ada di manusia. Percobaan ini tidak otomatis akan membuat banyak ahli bisa menumbuhkan gigi dengan cepat sebab ini hanyalah permulaan saja. Permulaan ini bisa memicu penelitian baru yang berujung pada regenerasi gigi untuk manusia, sesuatu yang membantu banyak orang yang kehilangan gigi.

Ahli lain, Prof Chris Mason, seorang peneliti sel punca dari University College London, mengatakan bahwa urine sebenarnya sumber sel punca yang buruk dan efisiensi selnya rendah. Ia juga memperingatkan bahaya kontaminasi bakteri dari urine yang tinggi. Tidak hanya itu, tantangan utamanya adalah menumbuhkan gigi yang berfungsi seperti gigi yang sebenarnya yakni ada saluran untuk darah dan syaraf yang terintegrasi.

Jadi, penelitian ini masih jauh dari sempurna, walau sebenarnya bisa membuka jalan untuk regenerasi gigi manusia. (BBC)