Find Us On Social Media :

Fenomena Santet (3): Mengubah Benda Sederhana Menjadi Berbahaya

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 11 Oktober 2013 | 18:27 WIB

Fenomena Santet (3): Mengubah Benda Sederhana Menjadi Berbahaya

Intisari-Online.com - Santet kerap menjadi kontroversi karena dianggap bertentangan dengan agama. Tapi jika dihadapkan pada fenomena sosial kemasyarakatan, akan berbeda ceritanya. Ia selalu ada, dicaci juga banyak dicari. Secara bernas, Intisari November 2009 pernah menguliti bagaimana fenomena santet ini berkembang di tengah masyarakat. Baik itu di Eropa, Afrika, India, juga Indonesia. 

Tak hanya menggunakan kekuatan pikiran dan bantuan makhlus halus, ada dua cara lagi yang kerap dilakukan oleh dukun santet mengirim teluhnya. Kedua cara ini lebih berfokus bagaimana mengubah benda yang dijadikan medium itu menjadi energi yang bisa menyerang secara kasatmata. 

Dematerialisasi

Dematerialisasi digambarkan secara keren bahwa paku, silet, dan lainnya diubah menjadi semacam energi tidak kasatmata untuk dikirim secara gaib kepada seseorang di tempat lain dan raasuk ke dalam tubuhnya. Di sana, energi tersebut diubah kembali menjadi mated aslinya (rematerialisasi). Sungguhkah?

Marilah kita telusuri asal kata dematerialisasi. Menurut kamus internet Wikipedia, istilah dematerialisasi (demateri alization), banyak dikenal dalam serial televisi Star Trek (pertama kali tayang di NBC-TV pada 1966). Di film fiksi ilmiah itu, salah satu alat angkut yang dipakai adalah mesin teleportasi.

Mesin itu mengubah manusia atau benda ke dalam bentuk energi (proses dematerialisasi), lalu memindahkan ke suatu tempat (teleporting) yang ada mesin konversi materi sejenis. Setibanya di tempat tujuan dikonversi kembali menjadi manusia atau benda disebut rematerialisasi. 

Telekinesis

Bicara tentang telekinesis, ada cerita tentang Uri Geller (kelahiran 20 Desember 1946), tukang sulap terkenal asal Israel. la mengklaim dirinya psychic dan mampu membengkokkan sendok secara supranatural, tanpa menyentuh, bukan dengan teknik sulap atau trik ilusi.

Tapi klaimnya dibantah oleh James Randi (nama panggungnya "The Amazing Randi"), tukang sulap dari Kanada yang terkenal dengan tantangan paranormal sejuta dolar. Randi pun dapat menekuk sendok baja dari jarak jauh dalam pertunjukan panggungnya (tentu dengan trik). Uri Geller tidak pernah melayani tantangan itu. Dalam dunia nyata, belum ada ilmuwan terpandang yang mengatakan bahwa telekinesis benar-benar ada. (Intisari November 2009)