Find Us On Social Media :

Musik Lebih Efektif Ketimbang Obat-obatan (2)

By Ade Sulaeman, Jumat, 3 Januari 2014 | 05:30 WIB

Musik Lebih Efektif Ketimbang Obat-obatan (2)

Intisari-Online.com - Berbagai penelitian telah membuktikan khasiat musik dalam memelihara kesehatan. Bukan hanya itu, sejumlah studi bahkan menyatakan bahwa penggunaan musik jauh lebih efektif ketimbang obat-obatan. Apa lagi keuntungan yang bisa diperoleh?

4. Menyehatkan Jantung

Meski kedengarannya mustahil, namun sebuah penelitian yang dilakukan di University of Maryland, Amerika, berhasil menemukan hubungan antara kebiasaan mendengarkan musik dengan kesehatan jantung seseorang.

Menurut para peneliti, aktivitas mendengarkan musik yang menyenangkan dapat membuat lapisan terdalam pembuluh darah meregang sehingga ukuran pembuluh darah melebar sebesar 26% dari ukuran semula.

Dengan melebarnya ukuran pembuluh Sebaliknya, kegiatan mendengarkan jenis musik yang membuat depresi mampu membuat pembuluh darah menyusut sebesar 6% dari ukuran semula.

5. Mengasah Memori

Berterima kasihlah kepada orangtua yang mendaftarkan Anda mengikuti kursus musik di masa kecil dulu. Pasalnya, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Hong Kong, kegiatan mempelajari musik berhubungan dengan prestasi akademis yang memuaskan serta kemampuan memori yang lebih baik dalam mengingat informasi.

Penelitian lain yang dilakukan di Norwegia menyatakan bahwa terapi mendengarkan musik juga dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi amnesia.

Pasalnya, bagian otak yang berfungsi memproses musik terletak tepat di sebelah bagian otak yang berfungsi menyimpan memori. Itu sebabnya, stimulasi pada sisi otak yang memproses musik dapat turut mempengaruhi sisi otak yang bertugas menyimpan memori.

6. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ingin menghalau kuman penyakit di musim penghujan? Salah satu cara melakukannya adalah dengan rajin-rajin mendengarkan musik. Pasalnya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Sussex University dan Max Planck Institute di Jerman, aktivitas mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan jumlah imunoglobin A, sejenis antibodi dalam tubuh.

Bukan hanya itu, kegiatan mendengarkan musik juga dapat sekaligus menurunkan kadar hormon stres kortisol yang mampu menurunkan kinerja sistem imunitas tubuh. Tetapi lagi-lagi dengan catatan: musik yang didengarkan haruslah jenis musik gembira yang disukai oleh orang yang bersangkutan. 

(Nayu Novita/ Precilia M / chicmagz.com)