Find Us On Social Media :

Perabot Kayu Kusam? Jangan Panik

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 12 Januari 2014 | 10:00 WIB

Perabot Kayu Kusam? Jangan Panik

Intisari-Online.com - Seolah menjadi hukum alam, barang yang kita miliki lambat laun akan memudar warnanya. Termasuk barang-barang dengan bahan kayu seperti meja dan kursi. Mungkin karena terkena noda kopi atau teh, atau tersundut bara rokok, semuanya bisa menjadi penyebab utama warna yang kian memudar.

Ada beberapa cara jitu yang bisa diterapkan untuk menjadikan perabot kita kembali mengilap dan enak dilihat. Kita tenang, tamu yang datang juga akan senang sembari memuji perabot kayu kita.

- Pertama, gunakan campuran mineral oil dan beberapa tetes sari lemon untuk mengelap furnitur kayu Anda. Campuran ini membantu Anda menghilangkan kotoran di permukaan furnitur.

Sari lemon juga berperan sebagai agen pembersih dan menghilangkan noda dari furnitur tersebut. Gunakan bahan lembut untuk mengelap furnitur dengan campuran tersebut. Ulangi proses ini dua atau tiga kali hingga furnitur Anda mendapatkan kilap yang Anda inginkan.

- Kedua, Anda bisa menggunakan petroleum jelly untuk mengembalikan kilap perabotan kayu di rumah. Petroleun jelly yang biasanya digunakan untuk melembabkan kulit kering juga mampu berfungsi bagi perabot kayu.

Namun, sebelum mengaplikasikannya, bersihkan dahulu permukaan perabot dari debu. Jika petroleum jelly terlalu solid, gunakan air untuk membuatnya lebih mudah diratakan ke permukaan perabot.

- Ketiga, gunakan mayones untuk menghilangkan noda dari perabotan kayu. Mayones efektif untuk menghilangkan noda akibat sisa minuman, air, makanan, dan tinta bolpoin. Ambillah sedikit mayones, taruh di lap bersih, kemudian seka lap berisi mayones tersebut ke permukaan noda.

Selain itu, Anda juga bisa memakai minyak zaitun untuk mengembalikan kilau perabot kayu Anda. Caranya, semprotkan minyak ke permukaan kayu, kemudian gunakan kain bersih untuk meratakan minyak tersebut ke permukaan kayu. Setelah 10 menit, seka furnitur tersebut dengan kain bersih hingga tidak ada minyak tersisa.

Semoga perabot kayu yang kita miliki tetap mengkilat dan enak dilihat. Selamat mencoba...!(|kompas.com