Find Us On Social Media :

Robot-robot Teraneh yang Pernah Diciptakan Manusia (1)

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 21 Januari 2014 | 14:00 WIB

Robot-robot Teraneh yang Pernah Diciptakan Manusia (1)

Intisari-Online.com - Di kehidupan dengan teknologi seperti sekarang ini, robot bukanlah barang yang asing lagi. Dalam sektor apa pun, robot telah mengambil peran manusia, meski tidak sepenuhnya. Robot-robot tersebut terlihat biasa saja, sebagian yang lain terasa begitu aneh.

LiveScience mendaftar enam robot teraneh yang pernah diciptakan oleh manusia.

- Octavia

Octavia adalah robot pemadam kebakaran ciptaan The U.S Naval Research Laboratory dirancang untuk membantu insinyur menguji teknologi terbaru untuk melayani anggota baru Armad Angkatan Laut AS.

Octavia dirancang untuk berinteraksi dengan manusia, dan insinyur berusaha untuk mengembangkan cara robot mengidentifikasi manusia, memahami apa yang dikatan manusia, dan mengenai setiap gerakan yang mereka lakukan. Robot ini dibekali kemampuan berpidato yang canggih dan pengenalan visual.

- H1N1 Flu Robot

Ini mungkin bukan apa yang biasanya dipikir manusia tentang “robot”. Robot yang dirancang mirip manusia ini dirancang untuk mensimulasikan gejala virus H1N1 sebagai upaya membantu para dotker Jepang. Robot ini mempunyai kulit manusia, berkeringat, menangis, dan bahkan mengejang.

Jika robot tidak mendapat perawatan yang tepat, gejala mereka akan lebih buruk, dan dalam beberapa kasus, mereka bisa “mati”.

- BigDog

Pada 2005, Boston Dynamics menciptakan robot berkaki empat yang disebut BigDog guna membantu kinerja militer. Proyek ini didanai oleh Defence Advance Research Projects Agency (DARPA), di bawah naungan Departermen Pertahanan AS.

BigDog berjalan dengan empat kaki kokoh dan dapat menemani tentara di medan perang. Robot ini mampu membawa beban seberat 150 kg dalam kecepatan 6,4 km per jam.