Find Us On Social Media :

Robot-robot Teraneh yang Pernah Diciptakan Manusia (2)

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 21 Januari 2014 | 15:00 WIB

Robot-robot Teraneh yang Pernah Diciptakan Manusia (2)

Intisari-Online.com - Di kehidupan dengan teknologi seperti sekarang ini, robot bukanlah barang yang asing lagi. Dalam sektor apa pun, robot telah mengambil peran manusia, meski tidak sepenuhnya. Robot-robot tersebut terlihat biasa saja, sebagian yang lain terasa begitu aneh.

LiveScience mendaftar enam robot teraneh yang pernah diciptakan oleh manusia.

- Nao Robot

Perusahaan Perancis Aldebaran Robotics, yang berkantor di Paris, mengembangkan robot atonom dan diprogram bernama Nao. Robot interaktif ini dilengkapi dengan gerakan mutakhir, visi, serta kemampuan audia.

Nao dapat berjalan pada permukaan yang berbeda. Dia melacak dan mengenali wajah dan objek, mengekspresikan dan memahami emosi, dan bereaksi terhadap sentuhan dan perintah suara. Uniknya, robot ini juga bisa melakukan tarian yang sempat populer Gangnam Style.

- Kurata Robot

Dalam dunia robotik, ada beberapa penemuan yang sepertinya fiktif. Robot ini berukuran besar sekilas seperti robot-robot yang muncul di film-film seperti Transformer.

Kurata Robot, robot yang diciptakan oleh Suidobashi Heavy Industry berdiri gagah di atas kaki setinggi 4 meter. Ia dilengkapi dengan senapan mesin serta peluncur roket di lengannya. Mesin-mesin humanoid dengan ukuran besar dapat dikemudikan secara manual dari kokpit yang ada di tubuh robot. Robot ini juga bisa dikendalika jarak jauh menggunakan ponsel pintar.

- Snake-bot

ACM-R5 adalah robot ular yang bisa merangkak di tanah yang kering atau berenang di air. Robot amfibi ini diciptakan oleh industri canggih di Jepang, HiBot. Robot ini dirancang begitu cekatan dan bergerak cepat di bawah permukaan air.