Find Us On Social Media :

Tujuh Pertanyaan Umum Soal Homeshooling

By Agus Surono, Sabtu, 8 Februari 2014 | 08:00 WIB

Tujuh Pertanyaan Umum Soal Homeshooling

Intisari-Online.com -  Wacana tentang homeschooling/home education (HS/HE) adalah sebuah hal yang baru di Indonesia. Walaupun substansinya sudah ada sejak dahulu kala, HS/HE baru marak diperbincangkan beberapa tahun terakhir ini setelah media massa ramai menuliskan mengenai fenomena HS/HE yang menjadi pilihan pendidikan beberapa tokoh publik.

HS kemudian menjadi sebuah alternatif untuk model pendidikan sekolah yang menjadi bentuk mainstream di masyarakat. Tujuh pertanyaan berikut diambil dari E-book praktisi HS, Sumardiono - akrab dipanggil Aar.

Beberapa tahun berkecimpung sebagai praktisi HS/HE, Aar sering mendapatkan beberapa pertanyaan mengenai HS, baik yang disampaikan melalui email, milis, ataupun blog.

Ia lalu mengumpulkan beberapa pertanyaan yang relatif sering ditanyakan oleh orangtua/keluarga dan merangkumnya dalam tujuh pertanyaan berikut.

  1. Adakah homeschooling di kota saya? Di mana saya bisa mendaftar homeschooling?
  2. Berapa biaya homeschooling yang harus saya bayar?
  3. Bagaimana ijazah anak homeschooling? Apakah anak homeschooling bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi?
  4. Bagaimana sosialisasi anak homeschooling?
  5. Bagaimana standar dan kurikulum homeschooling?
  6. Sejak usia berapa anak bisa homeschooling?
  7. Apakah saya bisa melaksanakan homeschooling sambil bekerja?

Selain menulis E-book soal "FAQ Homeschooling" ini, Aar juga rajin menulis E-book seputar HS. Juga dua buku soal HS yang diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo, yakni Homechooling Lompatan Cara Belajar dan Warna-warni Homeschooling, dari Oregon hingga Sidoarjo.