Find Us On Social Media :

FAQ Homeschooling 7: Orangtua Bekerja

By Agus Surono, Sabtu, 8 Februari 2014 | 07:45 WIB

FAQ Homeschooling 7: Orangtua Bekerja

Intisari-Online.com -  Apakah saya bisa melaksanakan homeschooling sambil bekerja?

Pertanyaan ini sebenarnya tidak bisa dijawab oleh orang lain, tetapi harus dijawab oleh penanya sendiri. HS/HE secara prinsip menekankan pada pilihan orangtua/keluarga untuk bertanggung jawab sendiri dalam pendidikan anak. Keluarga memilih untuk menyelenggarakan sendiri pendidikan, baik secara mandiri maupun menggunakan bantuan orang, lembaga, infrastruktur sosial yang ada di masyarakat.

HS/HE berbeda dari sekolah dalam hal pengelolaannya. Pada sekolah, sistem dan standar sudah dibakukan sehingga orangtua dapat menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya pada sekolah. Sekolah bertanggung jawab mengenai pendidikan anak sesuai mandat yang diberikan orangtua.

Pada HS/HE, tanggung jawab pendidikan itu ada pada orangtua. Bahkan seandainya pun orangtua mengikuti sebuah Komunitas HS tertentu, tanggung jawab itu tetap berada pada orangtua. Komunitas HS/HE hanya menyediakan layanan dan bantuan untuk mempermudah proses HS/HE yang sedang dijalankan. Jadi, HS/HE tidak bisa diperlakukan seperti sekolah, di mana orangtua mendelegasikan proses pendidikan anak pada sebuah lembaga tertentu.

Dalam praktiknya, sebagian besar praktisi HS/HE adalah keluarga yang salah satu orangtua tidak bekerja, bekerja di rumah, bekerja paruh waktu, atau memiliki pekerjaan yang secara waktu cukup fleksibel. Fleksibilitas waktu itu sangat penting karena salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses HS/HE adalah kualitas pendampingan orangtua.

Pada anak-anak yang sudah mandiri, proses belajar dalam HS/HE mungkin bisa dijalankan oleh anak dengan sedikit pembimbingan orangtua. Pada kondisi semacam ini, peran orangtua relatif sedikit dan anak sudah bisa dilepas/mandiri ketika orangtua bekerja.

Pada anak-anak yang masih kecil, unsur pendampingan memiliki peran yang dominan. Pendampingan orangtua sangat krusial untuk membentuk budaya belajar mandiri pada anak, yang hasilnya akan dapat dirasakan beberapa tahun setelah dijalani.

Jadi, jawaban dari pertanyaan ini berkaitan dengan manajemen proses belajar. Kalau orangtua dapat mengelola proses belajar anak secara baik (dengan tetap bekerja), maka HS/HE dapat dijalankan. Tetapi jika anak masih belum bisa dilepas untuk mandiri dan proses belajar masih membutuhkan pendampingan yang besar, dibutuhkan pengaturan ulang mengenai pekerjaan yang dijalankan oleh orangtua jika tetap ingin menjalankan HS/HE untuk putra-putrinya.

Mana yang paling baik untuk keluarga Anda? Anda sendiri yang menentukannya.