Find Us On Social Media :

Cara Jalan Dinasaurus Serupa Jalan Ayam?

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 13 Februari 2014 | 07:30 WIB

Cara Jalan Dinasaurus Serupa Jalan Ayam?

Intisari-Online.com - Belum ada penelitian yang dengan pasti mengungkap cara berjalan dinosaurus. Untuk menjawab kegelisahan itu, ilmuan dari University of Chile dan University of Chicago bahu membahu melakukan eksperiman dengan menggunakan ayam. Hepotesa sementara para ilmuwan adalah, ayam sebagai salah satu jenis burung dianggap kerabat terdekat dari dinosaurus, terutama T-rex. Untuk keperluan studi, para ilmuwan mengambil 12 ayam sebagai objek dengan memakan waktu selama 12 minggu. Guna mempermudah proses pengamatan, ayam dibagi menjadi tiga regu. 

Empat ayam pertama oleh para ilmuwan ditaruh batang kayu dan lilin mainan di bagian ekornya. Untuk empat ayam kedua, ilmuwan menaruh beban di atas tubuh ayam. Dan untuk empat ayam kelompok terakhir, tidak dimodifikasi.

Pada empat ayam pertama, batang kayu dan lilin mainan diganti setiap lima hari guna menyesuaikan dengan pertumbuhan ayam. Massa ekor dijaga agar mencapai 15 persen massa tubuh.

Intinya, lewat eksperimen ini, ilmuwan ingin melihat bagaimana perubahan pusat massa tubuh memengaruhi postur dan kinematika gerak ayam. Hasil riset menunjukkan, ayam dengan ekor buatan dari batang kayu memiliki gerak berbeda dengan kelompok lain.

Menurut ilmuwan, ayam dengan ekor buatan punya femur (tulang paha) yang berorientasi vertikal dan tibiotarsus, tulang antara tulang paha dan jari kaki, horizontal.

Seperti dipaparkan The Independent, Minggu (9/2), tulang femur dan tibiotarsus pada ayam itu juga lebih tertekuk. Hasil riset yang dilakukan Bruno Grossi dan rekan itu dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, Rabu (5/2) lalu. Ayam dengan ekor buatan itu lebih kurang menunjukkan gerakan dinosaurus. (Yunanto Wiji Utomo|kompas.com)