Find Us On Social Media :

Peneliti Temukan Dinosaurus di Malaysia

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 28 Februari 2014 | 12:00 WIB

Peneliti Temukan Dinosaurus di Malaysia

Intisari-Online.com - Untuk pertama kalinya para peneliti menemukan fosil dinosaurus di Malaysia. Seorang paleontolog dari Jepang menemukan potongan tulang gigi di wilayah Pahang. Setelah dilakukan proses identifikasi, fosil itu adalah kepunyaan spinosaurus, jenis dinosaurus pemakan ikan. 

Fosil tersebut diberi kode UM10575. Ilmuwan yang terlibat penemuan ini berasal dari University of Malaya, Waseda University, dan Kumamoto University, Jepang. Ren Hirayama dari Waseda University, seorang profesor paleontologi, adalah orang yang pertama berhasil mengidentifikasi fosil dinosaurus itu.

Fosil tulang gigi tersebut sendiri berukuran panjang 23 mm dan lebar 10 mm, ditemukan di batuan sedimen berusia antara 145 - 75 juta tahun. Penelitian ini punya target mengeksplorasi kekayaan fosil yang mungkin ada di Malaysia Peninsula sebagai sedimen dari periode Jurrasic-Cretaceous.

Spinosaurus memiliki tengkorak serupa buaya serta gigi berbentuk kerucut. Gigi juga memiliki gerigi dan kasar di bagian tepinya. Spinosaurus, seperti diberitakan Science World Report, Selasa (25/2), telah banyak ditemukan di wilayah Australia, Eropa, dan Asia lainnya.

Untuk spinosaurus yang ditemukan di Malaysia ini, tim peneliti berharap dapat menemukan lebih banyak fosil dinosaurus di tempat itu.

Sejauh ini terdapat dua spesies Spinosaurus, yaitu Spinosaurus aegyptiacus dari Mesir dan Spinosaurus marocconus dari Maroko. Spinosaurus Mesir berukuran lebih besar daripada Spinosaurus Maroko. Spinosaurus hidup di daerah dataran banjir dekat sungai.